youtube channel

Channels

Yuks Ajari Si Kecil Berpuasa

Yuks Ajari Si Kecil Berpuasa

Yuks Ajari Si Kecil Berpuasa

antvklik.com - - Usia ideal si Kecil untuk mulai diperkenalkan dengan puasa itu berbeda-beda, namun ada baiknya si Kecil sudah mulai diajari untuk berpuasa saat sudah setidaknya di bangku kelas satu sekolah dasar. Yuks ajari si Kecil berpuasa dengan tips berikut:

Mulai ajari si Kecil berpuasa secara bertahap

Anda tidak perlu meminta si Kecil menahan lapar dan haus dari waktu imsak hingga adzan magrib. Hal penting yang perlu diketahui si Kecil adalah makna dari puasa. Mulailah melatih si Kecil berpuasa 3-4 jam di tahun pertama ia memahami puasa. Contohnya, hingga jam 10 pagi dan bertahap hingga jam 12 siang bila dirasa si Kecil cukup kuat. Pada tahun kedua belajar puasa, latihlah si Kecil menjalaninya hingga sore. Tidak mengapa bila pada jam-jam yang sudah ditentukan mereka makan dan minum sedikit, kemudian melanjutkan kembali hingga tiba waktu berbuka.

Yuks Ajari si Kecil Berpuasa

Hargai usaha si Kecil

Jika si Kecil tidak mampu berpuasa dari ketentuan yang sudah disepakati, misalnya hingga jam 12 siang. Anda sebaiknya tetap menghargai usaha si Kecil. Jangan patahkan semangat yang mulai ditunjukkan si Kecil. Anda mungkin bisa sekedar memuji si Kecil yang sudah niat berpuasa walaupun tidak full dan menyemangatinya untuk lanjut berpuasa di esok harinya. Dijamin si Kecil pasti senang!

Yuks Ajari si Kecil Berpuasa

Biasakan si Kecil untuk tidak kalap saat berbuka puasa

Di saat jam berbuka, sebaiknya anda membiasakan hidangan berbuka yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian keluarga. Sesekali anda juga bisa memasak makanan favorit si Kecil sebagai bonus karena ia sudah kuat berpuasa. Eitts tapi tetap ingatkan si Kecil untuk tidak kalap saat berbuka puasa ya.

Yuks Ajari si Kecil Berpuasa

Perhatikan kondisi fisik si Kecil

Jika si Kecil tampak mengalami dehidrasi atau kondisi tubuhnya tampak lemah. Anda sebaiknya memeriksa kondisi si Kecil dengan bertanya apa ia masih kuat menjalankan puasa.

Yuks Ajari si Kecil Berpuasa

Beri teladan yang baik

Adalah sebuah kesia-siaan apabila kita menyuruh si Kecil berpuasa, sementara orangtuanya makan dan minum disembarang waktu. Sebab si Kecil selalu meniru apa yang orangtua lakukan dalam keseharian. Karena itu, sedapat mungkin hindarilah sikap bermalas-malasan, bila kita tidak ingin dikemudian hari, anak-anak menganggap orang yang menjalani ibadah puasa boleh bermalas-malasan.

Yuks Ajari si Kecil Berpuasa

Selamat mengajari si Kecil berpuasa ya para orangtua, semangat!


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments