youtube channel

Channels

WNA Positif Virus Corona Usai Liburan di Bali, Dinkes: Bisa Saja Tertular di Shanghai

WNA Positif Virus Corona Usai Liburan di Bali, Dinkes: Bisa Saja Tertular di Shanghai

Pantai Kuta Bali (Foto: Reuters)

Seorang warga China sudah dinyatakan positif virus corona setelah pulang ke negaranya usai liburan di Bali. Menurut Dinas Kesehatan Bali, bisa saja penularan terjadi saat orang itu sudah berada di Shanghai.

antvklik.com - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali Ketua Suarjaya angkat bicara tentang warga negara China bernama JIn yang dinyatakan positif virus corona. Sebelum pulang ke China, Jin sempat berlibur ke Bali selama sepekan.

Berdasarkan laporan otoritas kesehatan China, Jin terbang dari Wuhan, China ke Bali pada 22 Januari 2020 dengan maskapai Lion Air. Ia kemudian kembali ke Shanghai dengan pesawat Garuda Indonesia pada 28 Januari 2020.

Dalam rilisnya, Jumat (14/2/2020), Ketut Suarjaya mengatakan, pihaknya sudah melacak ke Kantor Imigrasi Ngurah Rai dan membenarkan ada data yang bersangkutan masuk ke Indonesia leawt Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Jin sudah teridentifikasi menginap di sebuah hotel dan sedang ditelusuri lebih lanjut pergerakannya selama di pulau dewata.

Ketut Suarjaya menegaskan, menurut perhitungan masa inkubasi dan riwayat perjalanan, serta tanda-tanda munculnya gejala penyakit, bisa saja Jin tertular saat sudah berada di Shanghai atau wilayah China daratan lainnya.

Menurutnya, apabila masa inkubasi terpanjang 14 hari, sedangkan hari ini sudah hari ke 16 dan tidak ada satu pun kasus yang terindentifikasi di Bali, maka berarti Jin tidak menularkan virus selama berada di Bali.

Ketut Suarjaya mengatakan, di wilayahnya sudah diobservasi 20 kasus. Sampel 14 kasus diantaranya, sudah dikirim ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan atau Balitbang Kementerian Kesehatan. Hasilnya semua sampel negatif virus corona.

Meski demikian, Dinas Kesehatan Bali tetap melaksanakan langkah-langkah antisipatif, baik di bandara, pelabuhan dan tempat-tempat wisatawan menginap.

Ketuat Suarjaya menegaskan, hingga kini Bali masih aman dari virus corona dan siap menerima kunjungan wisatawan.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments