youtube channel

Channels

Waw, Ternyata Gula Bahaya Untuk Ibu Hamil!

Waw, Ternyata Gula Bahaya Untuk Ibu Hamil!

Waw, Ternyata Gula Bahaya Untuk Ibu Hamil!

antvklik.com - - Untuk ibu hamil banyak mengkonsumsi makanan sangat penting. Karena itu penting bagi pertumbuhan janin didalamnya, agar si janin menjadi sehat dan kuat. Namun tahukah kamu, jika kamu banyak mengkonsumsi makanan/minuman yang manis sangat berbahaya bagi tubuh kamu.

hamil

Diabetes gestasional adalah tipe diabetes yang terjadi pada perempuan hamil, dan sebelum hamil dia tidak menderita diabetes. Beberapa perempuan bisa menderita diabetes lebih dari sekali. Diabetes gestasional bisa dikontrol dan dicegah dengan pola makan sehat dan olahraga teratur. Terkadang, perempuan dengan diabetes gestasional juga harus menjalani terapi insulin. Yuk baca apa saja bahaya mengkonsumsi gula saat hamil.

1. Tekanan Darah Tinggi

Diabetes seringkali menjadi pemicu penyakit lainnya seperti tekanan darah tinggi. Ketika seorang perempuan hamil memiliki tekanan darah yang tinggi, dia sangat berisiko mengalami preeklamsia. Ini adalah masalah serius yang perlu diawasi dengan ketat oleh dokter. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan bahaya pada ibu dan bayinya yang belum lahir, mungkin menyebabkan bayi lahir lebih awal dan juga dapat menyebabkan kejang atau stroke (pembekuan darah atau pendarahan di otak yang dapat menyebabkan kerusakan otak) pada wanita selama persalinan. Perempuan dengan diabetes lebih sering menderita tekanan darah tinggi daripada perempuan tanpa diabetes.

hamil1

2. Ukuran Bayi Terlalu Besar

Diabetes yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kadar gula bayi, tinggi. Bayi menjadi kelebihan asupan gula dan tumbuh besar di atas ukuran normal. Selain membuat ibu tidak nyaman, ukuran bayi terlalu besar dapat membahayakan baik ibu maupun si bayi itu sendiri, saat persalinan. Biasanya, bayi harus dikeluarkan dari rahim dengan operasi Caesar. Bayi juga berisiko mengalami kerusakan saraf, karena tekanan besar di bagian bahu saat persalinan. Perempuan yang melahirkan dengan cara Caesar, butuh waktu lebih lama untuk pulih dibanding wanita yang melahirkan dengan cara vaginal.

hamil2

3. Kadar Gula Darah Rendah

Terapi insulin untuk penderita diabetes mungkin bisa menyebabkan kadar gula turun menjadi terlalu rendah. Kadar gula terlalu rendah, bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani. Untuk ibu hamil yang menderita diabetes harus mengawasi kadar gulanya dengan ketat, agar tetap di batas normal. Jika tidak, bayi yang dilahirkannya berisiko menderita hipoglikemia juga. Sebaiknya dokter benar-benar mengawasi kadar gula bayi yang lahir dari ibu dengan diabetes, selama beberapa jam setelah bayi itu lahir.

hamil3


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments