youtube channel

Channels

Wah, Ini Lho 7 Jenis Phobia Yang Bikin Orang Takut?

Wah, Ini Lho 7 Jenis Phobia Yang Bikin Orang Takut?

Wah, Ini Lho 7 Jenis Phobia Yang Bikin Orang Takut?

antvklik.com - - Phobia adalah rasa takut pada suatu hal atau fenomena berlebihan. Hal ini akan berdampak pada emosi seseorang. Seperti dilansir dari Ranker, Phobia biasanya disebabkan karena seseorang mengalami trauma masa lalu dan biasanya trauma itu membekas didalam kesadarannya. Beberapa phobia dibawah ini adalah phobia yang sering terjadi di kalangan masyarakat, apakah ANTVLovers memiliki salah satu seperti dibawah ini?

1. Acrophobia

Acrophobia adalah rasa takut yang ekstrim atau irasional atau fobia ketinggian, terutama ketika seseorang tidak terlalu tinggi. Ini termasuk dalam kategori fobia spesifik, yang disebut ruang dan gerak ketidaknyamanan, bahwa pangsa baik etiologi yang sama dan pilihan untuk pengobatan. Kebanyakan orang mengalami tingkat ketakutan alami saat terkena ketinggian, dikenal sebagai takut jatuh. Di sisi lain, mereka yang memiliki sedikit takut paparan tersebut dikatakan memiliki kepala untuk ketinggian

2. Claustrophobia

Claustrophobia adalah takut tidak memiliki melarikan diri dan berada di ruang tertutup atau kecil atau kamar. Hal ini biasanya diklasifikasikan sebagai gangguan kecemasan dan sering menyebabkan serangan panik, dan dapat menjadi hasil dari banyak situasi atau rangsangan, termasuk lift ramai kapasitas, jendela kamar, dan bahkan pakaian ketat berleher. Timbulnya claustrophobia telah dikaitkan dengan banyak faktor, termasuk pengurangan ukuran amygdala, pengkondisian klasik, atau gen.

3. Arachnophobia

Arachnophobia adalah suatu ketakutan spesifik, atau bisa disebut sebagai ketakutan yang teramat sangat akan hewan laba-laba dan arachnid lainnya. Penderita Arachnophobia disebut juga Arachnofobik.

4. Thalassofobia

Thalassofobia adalah ketakutan yang kuat dan terus-menerus terhadap laut. Thalassofobia merupakan fobia klinis yang pada umumnya diklasifikasikan ke dalam fobia spesifik yaitu ketakutan akan hal tertentu yang memicu kepanikan. Gejala thalassofobia sama seperti fobia yang paling spesifik.

Meskipun termasuk fobia klinis, sering disertai gangguan kecemasan lainnya. Dalam beberapa kasus obat ansiolitik dapat diresepkan atau Terapi Perilaku Kognitif (Cognitive Behavioral Therapy / CBT) dapat diindikasikan.

Thalassofobia dapat mencakup takut masuk ke dalam air, takut akan kekosongan laut yang besar, dan takut jarak dari daratan. Thalassofobia juga mungkin takut menghadapi makhluk laut daripada laut itu sendir

5. Glossophobia

Orang yang memiliki rasa takut berbicara di depan orang atau di depan umum, memahami bagaimana rasa takut mengambil alih tubuh dan pikiran dan merampas seseorangi dentitasnya, kenyamanan, harapan, dan sebagainya.

6. Ofidiofobia

Ofidiofobia adalah ketakutan pada ular. Ketakutan pada ular biasanya dikenal dengan sebuatan yang lebih umum yaitu, herpetofobia, ketakutan pada reptil. Ini adalah salah satu fobia yang paling umum, terutama dibawah zoofobia (fobia hewan). Harus dibedakan juga orang yang tidak suka ular dan atau takut pada mereka karena racun mereka atau bahaya yang terlibat. Penderita Ofidiofobia biasanya tidak hanya takut pada mereka ketika bertemu secara langsung tetapi juga tidak mau memikirkan mereka atau bahkan melihat mereka di TV atau di gambar. Ofidiofobia adalah salah satu ciri-ciri yang paling terkenal dari petualang fiksi, Indiana Jones.

7. Trypophobia

Trypophobia adalah phobia terhadap lubang-lubang di sebuah permukaan. Jadi orang yang mengalaminya akan merasa takut, gelisah bahkan sampai mual saat melihat lubang yang sangat banyak seperti pada biji bunga teratai, sumsum tulang, spons dan lain sebagainya.

Editor : Mellizya Pita


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments