youtube channel

Channels

Wagub Djarot Temui Ahok di Rutan Cipinang

Wagub Djarot Temui Ahok di Rutan Cipinang

Wagub Djarot Temui Ahok di Rutan Cipinang

antvklik.com - www.antvklik.com - Vonis Majelis Hakim terhadap Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok membuat kubu para pendukung Ahok syok. Namun sebagian dari para pendukung ini tidak langsung membubarkan diri, malah mereka ikut mengiringi Ahok dibawa ke Rumah Tahanan Cipinang. Wakil Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat, Selasa siang (9/5) mengunjungi Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang, Jakarta Timur. Kedatangan wagub Djarot untuk memberikan dukungan moril kepada pasangannya yakni Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Aparat kepolisian melakukan penjagaan ketat terhadap Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat saat mengunjungi Rumah Tahanan Cipinang.

Tak ada sepatah kata pun yang keluar dari mulut Djarot saat memasuki Rutan Cipinang. Dengan langkah cepat Djarot langsung bergegas masuk ke dalam Rutan Cipinang.

Pasca vonis dua tahun penjara dan penahanan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Rutan Cipinang, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengatakan Kemdagri akan segera meminta salinan putusan terhadap Ahok ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Setelah adanya salinan itu barulah akan meminta Keputusan Presiden untuk mengangkat Wagub DKI Djarot Saiful Hidayat sebagai Plt Gubernur DKI dan memberhentikan Ahok sebagai Gubernur DKI.

Sementara pengacara Ahok telah menyatakan banding atas vonis dua tahun yang dijatuhkan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara, yang dipimpin Dwiarso Budi Santiarto yang menyatakan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bersalah. Ahok dinyatakan terbukti melanggar Pasal 156a KUHP tentang penistaan agama sehingga harus divonis selama dua tahun penjara.

Salah satu tim kuasa hukum Ahok, Tommy Sihotang menyatakan tidak ada urgensinya Ahok ditahan, maka pihaknya menyatakan banding atas putusan hakim."Tidak ada bukti dan fakta langsung Ahok melakukan penistaan agama. Hakin bilang Ahok kooperatif dan selalu menghadiri persidangan, jadi untuk apa ditahan, karena kami mengajukan banding," kata Tommy.

Kuasa hukum Ahok juga segera meminta salinan putusan dan mengajukan memori banding. Menurut Tommy, memori bandingnya, tak akan jauh dari pledoi yang telah dibacakan dan tim kuasa hukumnya beberapa waktu lalu.

"Mendagri akan menugaskan wakil gubernur sebagai pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta sampai habis masa bakti pasangan Pak Ahok dan Pak Djarot untuk diserahterimakan kepada gubernur definitif," kata Mendagri Tjahjo Kumolo.

Demikian laporan Simon Tobing dari Jakarta.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments