youtube channel

Channels

Vaksin untuk Virus Corona Sudah Ditemukan, Ini Faktanya

Vaksin untuk Virus Corona Sudah Ditemukan, Ini Faktanya

Vaksin untuk Virus Corona Sudah Ditemukan, Ini Faktanya (Foto Istimewa)

Jagat media sosial gempar manakalah disebut vaksin untuk virus corona sudah ditemukan yakni bernama SGTi-flex, COVID-19 IgM/IgD, yang konon mampu menyembuhkan pasien dalam waktu 3 jam setelah injeksi.

antvklik.com - Dalam media sosial juga disebutkan bahwa vaksin itu ditemukan oleh ilmuwan AS dan konon disampaikan oleh Presiden Trump saat mengumumkan bahwa Roche Medical Company akan meluncurkan vaksin Minggu depan dan jutaan dosis sudah siap.

Informasi yang beredar berupa videoklip pidato kepresidenan AS berdurasi 37 detik yang diklaim sebagai pengumuman Amerika sudah menemukan vaksin virus corona, namun jika pidatonya didengarkan sebenarnya adalah kesiapan perusahaan roche untuk memasarkan paket uji virus corona.

Narasi yang beredar di Twitter berbunyi: “Corona Game Over? Trump mengumumkan bahwa Roche Medical Company akan meluncurkan vaksin Covid19 next week dan jutaan dosis ready!”

Tangkap Layar Twitter Tangkap Layar Twitter

Sementara di Facebook narasinya berbunyi:
“VAKSIN VIRUS CORONA:
Saat ini, Trump mengumumkan bahwa Roche Medical Company akan meluncurkan vaksin dari minggu depan, dan jutaan dosis sudah siap!"

Tangkap Layar Facebook Tangkap Layar Facebook

Namun, setelah ditelusuri, potongan video yang beredar tersebut merupakan Konferensi Pers yang ditayangkan oleh stasiun TV Amerika NBC dengan durasi 1 jam 19 menit.

Konferensi pers tersebut diunggah ke channel youtube resmi NBC News dengan judul “Trump Holds News Conference On Coronavirus Pandemic | NBC News (Live Stream Recording)” yang tayang pada tanggal 13 Maret 2020.

Pada bagian penjelasan tertulis “President Donald Trump holds a news conference on the coronavirus pandemic which is spreading across the United States. The president is expected to declare a national emergency.”

Yang jika diartikan kedalam Bahasa Indonesia “Presiden Donald Trump mengadakan konferensi pers tentang pandemi coronavirus yang menyebar di seluruh Amerika Serikat. Presiden mengumumkan keadaan darurat nasional,”

Dalam konferensi persnya Trump tidak menyebutkan bahwa vaksin virus corona ditemukan oleh oleh Roche Medical Company dan akan diluncurkan minggu depan, adapun dalam potongan video terebut Trump mempersilahkan CEO Roche Diagnostics North America, Matt Sause untuk bicara, Saus megaku berterimakasih kepada Badan Pengawas dan Makanan atas persetujuan yang diberikan kepada Roche untuk melakukan tes uji coba terkait virus corona.

Dalam video aslinya Matt mengatakan - ‘‘Thank you, Mr. President. So, from Roche, we want to thank the FDA for their rapid approval of our coronavirus test. We really appreciate the partnership with the CDC and the FDA to get that to market as fast as possible because it’s critical for us to make that available to help patients in need, and working with laboratories to get it up and going in the near future, which will bring hundreds of thousands of tests available to patients in need in the United States. So, thank you”.
After Matt’s speech, the clip ends with Trump saying- “And you can do it. You can do it. A great company”

Yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia “Terima kasih, Tuan Presiden. Jadi, dari Roche, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada FDA atas persetujuan mereka yang cepat terhadap uji coronavirus kami. Kami sangat menghargai kemitraan dengan CDC dan FDA untuk memasarkannya secepat mungkin karena sangat penting bagi kami untuk membuat itu tersedia untuk membantu pasien yang membutuhkan, dan bekerja dengan laboratorium untuk membangunnya dan bergerak dalam waktu dekat, yang akan membawa ratusan ribu tes tersedia untuk pasien yang membutuhkan di Amerika Serikat. Jadi terima kasih. Setelah pidato Matt, klip berakhir dengan Trump berkata- ‘Dan Anda bisa melakukannya. Kamu bisa melakukannya. Perusahaan yang hebat ’’.

Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa narasi yang diikuti dengan potongan video yang tidak sesuai dengan pernyataan Presiden Trump dan Matt Saus yang beredar melalui Twitter dan Instagram termasuk ke dalam kategori Koneksi yang Salah. Informasi ini pun ikut dibantah oleh portal media asing


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments