youtube channel

Channels

Tradisi Unik Merayakan Idul Adha di Indonesia, Unik-Unik Banget Lho!

Tradisi Unik Merayakan Idul Adha di Indonesia, Unik-Unik Banget Lho!

Tradisi Unik Merayakan Idul Adha di Indonesia, Unik-Unik Banget Lho!

antvklik.com - - Peringatan Idul Adha identik dengan pemotongan sapi. Tradisi tersebut terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia saat perayaan Idul Adha. Usai menunaikan Sholat eid, umat muslim menyaksikan pemotongan hewan kurban dan berbagi hewan kurban untuk orang yang tidak mampu. Di beberapa daerah di Indonesia terdapat tradisi unik merayakan Idul Adha yang harus kamu tahu.

Berikut beberapa tradisi unik saat merayakan Idul Adha :

1. Tradisi Unik Merayakan Idul Adha: Toron di Madura

Berbeda dengan Idul Fitri, tidak semua masyaraka Indonesia melakoni mudik saat Idul Adha. Namun bagi masyarakat pulau Madura, tradisi mudik yang utama justru terjadi pada Idul Adha. Tradisi yang disebut sebagai Toron ini, masyarakat Madura yang berada di tanah rantau mudik dan mendatangi sanak saudara di kampung halaman saat idul Adha. Saat Toron, bisa dilihat kemacetan di sekitar jembatan Suramadu yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura.

2. Tradisi Unik Merayakan Idul Adha: Manten Sapi di Pasuruan

Seperti namanya, dalam tradisi manten sapi atau perkawinan sapi sejumlah sapi didandani cantik oleh pemiliknya sebelum dipotong untuk dijadikan kurban. hal ini bertujuan sebagai penghormatan terakhir terhadap hewan qurban. Setelah didandani, sapi dikalungkan dengan rangkaian bunga dan diarak sebelum diserahkan kepada panitia qurban.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments