youtube channel

Channels

Tips-Tips Menyimpan Daging Qurban Agar Tetap Terjaga Kualitasnya

Tips-Tips Menyimpan Daging Qurban Agar Tetap Terjaga Kualitasnya

Tips-Tips Menyimpan Daging Qurban Agar Tetap Terjaga Kualitasnya

antvklik.com - - Ada yang mendapatkan jatah daging kurban dalam jumlah yang besar? Ketika stock daging melimpah, pastilah Anda harus pandai menyimpannya agar awet dan tetap aman dikonsumsi. Agar daging tetap memiliki kualitas yang baik, lakukan langkah penyimpan daging secara cepat dan benar untuk menghindari terjadinya kontaminasi bakteri yang membuaat daging cepat membusuk. Penyimpanan yang salah juga akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Berikut ini adalah tips-tips menyimpan daging qurban agar tetap terjaga kualitasnya yang perlu kamu ketahui.

Tips-Tips Menyimpan Daging Qurban

  • Perlu anda ketahui daging segar tahan disimpan di chiller atau penyimpanan dingin hanya 2-3 hari pada suhu dibawah 40° celcius dan bila ingin menyimpannya lebih lama, masukkan di dalam freezer atau penyimpanan beku. Di freezer pada suhu -16° celcius sampai -24° celcius, daging bisa bertahan hingga 3 bulan.
  • Potong daging menjadi beberapa kebutuhan. Jangan menyimpan daging utuh di dalam freezer. Potong daging sesuai kebutuhan dan masukkan ke dalam plastik-plastik kecil. Jika ingin masak, ambil satu kantong dan biarkan yang lain tetap beku di dalam freezer.
  • Hindari mencampur daging dengan tulang dan jeroan karena jaroan bisa mengandung lebih banyak kuman.
  • Bungkus daging dengan kemasan plastik tebal, dikemas rapat agar daging tidak mengalami dehidrasi. Daging yang dehidrasi akan mengalami perubahan warna menjadi coklat kehitaman, akan terjadi penyimpangan rasa bila diolah, dan alot.

Tips-Tips Menyimpan Daging Qurban

  • Saat akan mengolah, ambil daging dari freezer, pindahkan ke chiller dengan suhu antara 0° sampai 8° celcius kurang lebih selama 12 jam.
  • Namun jika ingin memasak daging beku, jangan mencairkan daging yang beku menggunakan air panas. Cara yang benar adalah dengan meletakkan daging beku tersebut dibawah air kran dengan suhu normal.
  • Perlu diingat, daging hanya boleh satu kali masuk ke dalam freezer. Setelah memindahkannya ke chiller, jangan masukkan daging ke dalam freezer lagi. Ini untuk menghindari tumbuhnya bakteri dalam daging.
  • Jangan menggunakan kresek warna hitam untuk menyimpan daging, karena tas kresek hitam merupakan hasil daur ulang yang mengandung karsinogen yang dapat memicu sel kanker.

Semoga tips di atas bermanfaat ya ANTVLovers. Selamat Hari Raya Idul Adha 1438 H


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments