youtube channel

Channels

6 Tips Sukses Menyusui Selama Bulan Puasa

6 Tips Sukses Menyusui Selama Bulan Puasa

6 Tips Sukses Menyusui Selama Bulan Puasa

antvklik.com - - Rasa cemas seringkali menghantui ibu menyusui selama berpuasa di bulan Ramadhan. Padahal ibu menyusui tetap bisa lho berpuasa dengan lancar meski juga harus menyusui si kecil. Bagaimana caranya? Coba ikut 6 tips sukses menyusui selama bulan puasa berikut ini:

Penuhi asupan makanan bergizi

Ibu menyusui sebaiknya meyiapkan dan mengonsumsi menu sahur dan berbuka yang mengandung zat-zat gizi seperti seperti sayur hijau, buah, dan lauk. Sayuran yang bisa dipilih antara lain, daun katuk, bayam, wortel, dan sup. Tapi tidak sembarang sup yaa, khusus ibu menyusui disarankan mengonsumsi sup daging, ayam dan juga sup ikan karena bisa memperbanyak Air Susu Ibu (ASI). Sementara sejumlah buah penambah ASI diantaranya pepaya, labu, pisang, dan kurma.

Tips Sukses Menyusui Selama Puasa Tips Sukses Menyusui Selama Puasa

Pemijatan payudara sebelum memompa/menyusui

Sebelum melakukan aktivitas memompa/menyusui, ibu menyusui dapat melakukan pemijatan di area payudara. Sehingga ASI yang menggumpal dapat ikut keluar saat disusui/dipompa. Pijat payudara bisa dilakukan sendiri di rumah setiap hari. Pilih waktu yang senggang supaya merasa rileks dan tidak terburu-buru.

Minum air putih yang banyak

Minum air putih lebih banyak saat berbuka dan sahur sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh ibu menyusui. Disinilah fungsi air putih yang akan menjaga produksi ASI didalam tubuh bunda. Dari berbagai penelitian yang ada, ibu menyusui dengan kondisi kekurangan air atau dehidrasi bisa menyebabkan produksi ASI menjadi berkurang sampai 5%.

Memompa

Sebagai ibu menyusui yang bekerja maupun ibu rumah tangga, ada baiknya memompa ASI untuk stok malam hari agar aktivitas menyusui keesokan harinya tidak terlalu berat. Si kecil dapat diberikan ASI pada siang hari.

Jangan memaksa

Setiap ibu menyusui memiliki kemampuan berbeda. Bila memiliki aktifitas yang cukup tinggi selama Ramadhan, mungkin perlu dipertimbangkan untuk tidak berpuasa bila si kecil masih menyusu, sebab dalam agama Islam pun ada keringanan bagi ibu yang menyusui. Jadi jangan memaksakan diri bila kondisi fisik tidak terlalu kuat untuk berpuasa.

Tips Sukses Menyusui Selama Puasa Tips Sukses Menyusui Selama Puasa

Tetap tenang dan percaya diri

Ibu menyusui hendaknya tetap tenang beribadah dan percaya diri terus menyusui. Jangan merasa khawatir ASI-nya akan berkurang, sebab rasa cemas tersebut justru akan menghalangi kerja hormon Oksitosin mengeluarkan ASI dari payudara, sehingga akan nampak seolah-olah ASI ibu berkurang. Ingatlah bahwa menyusui pun juga ibadah.

Semoga dengan 6 tips sukses di atas, puasa dan menyusui lancar yaa para ibu.(Restu Wulandari)


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments