youtube channel

Channels

Tips Menyimpan Buah dan Sayur Agar Tetap Segar

Tips Menyimpan Buah dan Sayur Agar Tetap Segar

Tips Menyimpan Buah dan Sayur Agar Tetap Segar

antvklik.com - - Anda suka sekali makan buah dan sayur? Hmmm jangan sukanya saja, tetapi anda juga harus memperhatikan bagaimana menyimpan buah dan sayur agar kandungan nutrisinya tetap baik. Menyimpan buah dan sayur dengan cara yang benar tentunya bisa membuat buah dan sayur tetap segar dan enak saat dimakan. Berikut sejumlah tips cara tepat menyimpan buah dan sayur :

1. Jangan mencampur sayur dan buah. Sebab mencampur sayur dan buah dalam satu rak kulkas dapat mempercepat proses pembusukan makanan. Hal ini dikarenakan buah biasanya memproduksi gas etilen yang dapat bereaksi sebagai hormon pematang dan mempercepat kelayuan. Etilen adalah hormon alami tumbuhan dalam bentuk gas yang dapat memicu proses pematangan pada buah. Bahan makanan yang memproduksi etilen diantaranya: apel, alpukat, pisang (matang), blueberry, melon, jambu biji, anggur, kiwi, mangga, manggis, pepaya, markisa, pir, kentang, dan tomat. Sedangkan bahan makanan sensitif etilen diantaranya: asparagus, pisang (mentah), brokoli, kubis, kol, wortel, kmentimun, terong, bawang putih, kacang hijau, dan sayuran hijau.

Tips Menyimpan Buah dan Sayur Agar Tetap Segar Tips Menyimpan Buah dan Sayur Agar Tetap Segar

2. Jangan mencuci sayur dan buah saat akan menyimpannya. Kenapa? karena, mencuci sayur dan buah sebelum menyimpannya akan membuat sayur dan buah menjadi lembab dan mempercepat tumbuhnya bakteri sehinngga akan cepat membusuk.

3. Jangan menyimpan sayur dalam keadaan tertutup rapat karena hal ini dapat mempercepat proses pembusukan. Jadi tetap berikan udara yaa.

4. Jangan mencampur buah dan sayur dengan daging mentah dan produk susu ketika menyimpannya di kulkas. Hal ini untuk mencegah munculnya kontaminasi bakteri pada bahan makanan.

5. Pisahkan buah matang dan mentah, seperti alpukat, pisang dan mangga harus disimpan di tempat yang berbeda dengan buah seperti apel dan semangka.

6. Simpan buah yang belum matang, seperti pir, kiwi, mangga, melon, dan pisang di atas meja. Setelah matang, pindahkan ke kulkas.

7. Dalam kantung plastik, buah seperti jeruk, lemon, dan jeruk nipis akan bertahan sampai satu minggu jika disimpan di tempat yang dingin, gelap dan jauh dari paparan sinar matahari.

8. Hindari mencuci buah stroberi atau blueberry sebelum disimpan dalam kulkas. Buah - buahan ini akan basah, sehingga jamur mudah tumbuh dan buah jadi lebih cepat busuk.

9. Rajinlah membersihkan kulkas. Jangan menunggu sampai kotor baru membersihkannya. Jangan sampai bahan makanan yang masih segar tercampur dengan bahan makanan yang telah busuk karena terlalu lama berada di dalam kulkas. Segera buang bahan makanan yang telah busuk agar tidak mencemari bahan makanan lain. Selain itu, pastikan tidak ada cairan menggenang di dalam kulkas agar sayur dan buah tidak cepat membusuk.

Tips Menyimpan Buah dan Sayur Agar Tetap Segar Tips Menyimpan Buah dan Sayur Agar Tetap Segar

Nah sekarang sudah mengerti kan bagaimana menyimpan buah dan sayur dengan tepat. Jadi sekarang jangan sembarangan lagi yaa menyimpan atau menaruh buah dan sayur, supaya vitamin dan nutrisi buah dan sayur yang kita konsumsi tetap terjaga.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments