youtube channel

Channels

Tips Mengatur Waktu Bukber

Tips Mengatur Waktu Bukber

Tips Mengatur Waktu Bukber

antvklik.com - Buka puasa bersama alias bukber menjadi moment untuk berkumpul dan mempererat tali silahturahmi, tapi banyaknya teman yang kita miliki, dan kesibukan pekerjaan, seringkali membuat kita sulit mengatur waktu bukber atau menerima ajakan bukber yang membludak. Bahkan terkadang, bukber hanya menjadi wacana saja lantaran jadwal kita dengan teman-teman lainnya tidak cocok. Nah, biar kegiatanmu gak berantakan karena tawaran bukber yang membludak, yuk simak tips mengatur waktu bukber berikut!

Siapkan satu hari untuk buka puasa bersama keluarga

Keluarga adalah nomor 1 (satu). Rasanya ungkapan demikian benar adanya. Jadi, sebelum kamu mulai memenuhi jadwal bukber dengan teman-teman, mulai dari teman SD, SMP, SMA, kuliah, kerja dan bahkan teman main, jangan lupa sisipkan satu hari di hari libur untuk bukber dengan keluarga di rumah. Terlebih lagi untuk kamu yang sibuk bekerja atau banyak berkegiatan di luar rumah, pastinya bukber dengan keluarga di rumah adalah hal yang jarang ditemukan. Karena itu, usahakan mengatur waktu bukber dengan menyempatkan satu hari di hari libur untuk bukber dengan keluarga. Kalau dengan keluarga sudah, mau bukber dengan teman-teman lainnya pun jadi lebih tenang karena gak dibawelin sama orangtua kita lantaran belum bukber sama mereka hehehe...

Atur waktu bukber dengan keluarga

Seleksi grup untuk bukber

Nah ini nih yang sering bikin bingung. Apalagi buat kamu yang aktif dan memiliki banyak teman plus kamu yang punya banyak grup perbincangan di media BBM, WhatsApp, Line dan sejenisnya. Sebab ajakan bukber pasti banyak banget melalui grup grup tersebut. Dari satu bulan puasa Ramadhan, biasanya hanya bertemu 8 hari libur, 4 hari Sabtu dan 4 hari Minggu, nah dari hitungan itu coba deh seleksi baik-baik berbagai acara bukber yang mau kamu datangin. Kalau dapat ajakan atau undangan hingga 10 acara bukber, mau gak mau kamu harus mengeliminasi beberapa kan? Alangkah baiknya di sini kamu mengatur waktu bukber dengan memprioritaskan buka bersama orang orang atau teman terdekat dahulu, baru dengan teman-teman lama.

Seleksi grup pertemanan untuk bukber, mulailah dari yang terdekat

Ikut berkontribusi menentukan tempat

Biasanya, di setiap acara bukber pasti sudah ada panitia yang memutuskan atau mengurus keperluan bukber tersebut, mulai dari tanggal, tempat, reservasi sampai biaya yang harus dikeluarkan. Tapi sebagian orang kadang gak mau bikin ribet dengan memberikan ide dan lebih suka terima terima saja keputusan bukbernya dimana alias tinggal datang saja padahal aslinya gak sreg karena lokasi bukber ternyata jauh atau ngerasa gak cocok sama makanannya, hehehe... Nah biar semua sama sama enak, sebenarnya gak ada salahya lho untuk mengingatkan temanmu untuk memilih lokasi yang berada di tengah-tengah dan gak menyusahkan pihak manapun. Penting juga hukumnya untuk memastikan bahwa tempat makan yang dipilih sudah terjamin kehalalannya. gak mau kan puasa seharian penuh kamu jadi gak afdol karena makan di tempat yang gak halal ?

Ikut memilih tempat/resto untuk bukber

Cari promo voucher makan

Bukber sana bukber sini pastinya membuat pengeluaran di bulan Ramadhan melonjak dan membuat kantong tipis kan? Nah biar lebih hemat, coba deh cari voucher promo di resto tujuan kamu. Sekarang kan banyak tuh website yang menyediakan voucher promo makan. Nah kamu bisa cari voucher makan di website-website tersebut. Dengan menggunakan voucher promo makan, pasti pengeluaran budget untuk bukbermu jadi lebih hemat kan?

Bukber lebih hemat dengan voucher makan/diskon

Ganti suasana dengan bukber di rumah teman

Bukan hal yang asing lagi kalau berbagai resto pasti sudah penuh atau full book kalau soal jadi tempat bukber. Terkadang kalau untuk acara bukber yang terpenting itu bukan lagi dimananya atau apa makanannya, tapi ketersediaannya. Sehingga banyak resto yang sudah di-booking jauh jauh hari. Nah kalau memang kamu gak kebagian tempatnya dan daripada pusing cari tempat sana sini, jangan ragu untuk berganti suasana dengan mengadakan bukber di rumah salah temanmu. Biar gak merepotkan, kamu bisa delivery makanan online atau memasak bareng bersama teman-temanmu di rumah. Lebih bebas, nyaman dan seru kan pastinya?

Lebih irit dan seru dengan bukber di rumah teman

Jangan kalap untuk menyantap makanan

Menu bukber pasti beraneka pilihan dan menggiurkan bukan? tapi hindari berbuka dengan rasa kalap menyantap berbagai makanan yaa.. Tetap jaga ritme makanmu biar gak bikin perurt sakit dan kekenyangan. Alangkah baiknya kamu berbuka dengan meminum air hangat, dilanjutkan dengan takjil seperti kurma atau bisa juga cemilan misalnya pastel sayur. Setelah beberapa waktu, baru deh kamu santap makan besarnya.

Jangan makan berlebihan saat bukber

Jangan tinggalkan ibadah shalat wajib

Nah ini nih yang sering banget kelupaan padahal ini yang paling penting lho, shalat magrib! Karena sudah asyik ngobrol dengan teman-teman dan sibuk melahap makanan, bukan berarti kamu boleh lalai dan lupa melaksanakan ibadah wajibnya yaa. Shalat magrib adalah ibadah yang singkat waktunya, usahakan kamu untuk berbuka dengan minum teh hangat dan beberapa buah kurma, lalu langsung menuju ke masjid atau mushola untuk melaksanakan shalat. Jika bukber di mall atau resto, kamu bisa shalat bergantian dengan teman-temanmu agar meja makan kamu tidak ditempati orang lain dan barang-barang kamu pun tetap aman karena bisa dititipkan ke teman lainnya. Kalau shalat magrib sudah, baru deh kamu bisa ngobrol dengan asyik tanpa gangguan. Kalau shalatnya ditunda, yakin deh bakalan kebablasan dengan asyik cerita. Sayang kan puasa kita seharian penuh jadi kurang sempurna karena bolong shalat wajibnya.

Sempatkan waktu untuk shalat magrib saat bukber

Laksanakan shalat Tarawih di rumah

Selain shalat magrib, jangan lupa juga untuk melaksanakan shalat Tarawih. Biasanya, kalau sudah ikutan acara bukber pasti jadi gak sempet untuk ikutan shalat Tarawih di masjid. Tapi gak masalah, karena kamu tetap bisa melaksanakan shalat Tarawih di rumah sendiri. Jadi, gak ada alasan untuk nge-skip shalat Tarawih karena alasan capek lantaran habis bukber.

Usahakan shalat Tarawih setelah bukber

Semoga dengan tips di atas kamu sekarang gak pusing lagi yaa mengatur waktu bukber. Selai itu meski asyik bukber, jangan lupa tetap prioritaskan ibadah shalat wajib dan Tarawihnya yaa. Selamat bukber!


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments