youtube channel

Channels

Tips Membeli Hewan Qurban Biar Kamu Nggak Salah Pilih!!

Tips Membeli Hewan Qurban Biar Kamu Nggak Salah Pilih!!

Tips Membeli Hewan Qurban Biar Kamu Nggak Salah Pilih!!

antvklik.com - - Mendekati hari raya Idul Adha yang jatuh pada 01 September 2017, banyak warga yang bingung atau kesulitan untuk memilih hewan qurban yang baik dan sehat. Daging qurban yang layak konsumsi dapat dilihat dari fisik hewan itu sendiri. Selain fisik hewan, tempat penampungan maupun penjualan juga bisa mempengaruhi kesehatan hewan qurban tersebut. Secara umum, kriteria hewan yang layak untuk dijadikan hewan qurban adalah hewan qurban yang dipilih adalah hewan yang sehat, gemuk, cukup umur dan kuat. Oleh karena itu, simak tips membeli hewan qurban yang sehat berikut ini:

1. Tips Membeli Hewan Qurban: Umur Hewan Qurban

Pilihlah hewan qurban yang cukup umur. JIka Anda memilih kambing dan domba untuk qurban, pilihlah hewan kambing dan domba yang berumur 12 sampai 18 bulan. Sedangkan untuk sapi atau kerbau, Anda bisa memilih yang berumur 22 bulan. Cara mudah untuk mengetahui umur hewan qurban adalah dengan mengamati gigi-gigi ternak tersebut. Jika gigi susu (gigi bagian depan) hewan ternak sudah tanggal, itu menandakan hewan quban berumur sekitar 12-18 bulan. Sedangkan gigi susu Sapi baru tanggal pada umur sekitar 22 bulan.

Tips Membeli Hewan Qurban

2. Tips Membeli Hewan Qurban: Pilih Hewan Yang Sehat

Hewan yang sehat dapat dilihat dari fisiknya. Fisik hewan tersebut bisa dilihat dari beberapa aspek. Misalnya melalui bulu hewan yang mengkilat dan tidak berdiri. Selain itu, hewan qurban yang sehat tidak boleh mengeluarkan cairan (darah) dari lubang-lubang hewan seperti mata, hidung, teling, mulut, ataupun anus. Selain itu, gigi susu dari hewan juga harus kupak atau tanggal dan berganti dengan gigi dewasa semua. Terakhir, Kelincahan hewan juga bisa menentukan kesehatan hewan. Hewan yang cenderung lemas dan loyo bisa saja mengidap penyakit.

Tips Membeli Hewan Qurban

3. Tips Membeli Hewan Qurban: Pilihlah Hewan Qurban Dengan Tubuh Standar

Hewan qurban dengan tubuh standar adalah hewan yang memiliki punggung yang rata, tanduk yang seimbang, keempat kakinya simetris dan berpostur tubuh ideal, yakni perpaduan perut, kaki depan dan belakang, leher, kepala yang seimbang.

Tips Membeli Hewan Qurban

Nah ANTVLovers itu tadi tips membeli hewan qurban yang harus kamu ketahui. Semoga bermanfaat ya guys.. Selamat Hari Raya Idul Adha 1438 H


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments