youtube channel

Channels

Belajar Memasak Enak? Kini Tidak Jadi Masalah Buat Para Pemula!

Belajar Memasak Enak? Kini Tidak Jadi Masalah Buat Para Pemula!

Belajar Memasak Enak? Kini Tidak Jadi Masalah Buat Para Pemula!

antvklik.com - - Belajar memasak, siapa yang nggak mau? Memasak itu punya banyak manfaat lho. Hidup kita bisa lebih sehat karena kualitas makanan terjamin, kita juga bisa membuat pacar, suami atau anak senang dengan hasil masakan kita.. selain itu, kita juga belajar menjadi lebih mandiri.

Kalau sudah memahami caranya, memasak adalah pekerjaan yang mudah dan menyenangkan. Tapi bagaimana dengan pemula atau mereka yang sama sekali tidak bisa memasak? Pastinya harus pelan-pelan dulu belajarnya. Nah, berikut tips belajar memasak buat kamu yang pemula!

Kenali bumbu-bumbu dasar

Karena kamu awam banget di dunia memasak, hal pertama yang kamu perlu tahu adalah bumbu-bumbu dasar yang biasa dipakai untuk belajar memasak. Mulai dari gula, garam, merica, ketumbar, penyedap rasa, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, daun sala, dan banyak lagi.

Karena biasanya bumbu-bumbu itu mirip, kamu harus berlatih untuk membedakannya. Misalnya gula dengan garam, merica dengan ketumbar, atau jahe dengan lengkuas. Nggak mau kan masakan kamu gagal total karena salah bumbu.

memasak1 Bumbu dasar memasak

Kenali Bahan Makanan

Kalau sudah lumayan mengenal bumbu dasar, selanjutnya adalah belajar mengenali bahan makanan. Beda bahan makanan, beda pula cara mengolahnya.

Sebelum diolah, bahan makanan harus dicuci bersih, dipotong, lalu disimpan terpisah dengan bahan makanan lainnya. Setidaknya kamu harus mengetahui sayuran mana yang harus dimasak terlebih dahulu agar semua bahan bisa matang merata.

Kamu juga harus tau trik memasak daging supaya empuk, dan membuat tambahan bumbu pada daging supaya tidak beraroma mentah.

Mengenal bahan makanan memang gampang - gampang susah, tetapi lama-lama kamu akan terbiasa apabila sudah sering memasak.

Jika sebagai pemula kamu sudah mengenal bahan makanan dengan baik, pastinya jalan untuk menghasilkan masakan yang enak bakalan terbuka lebar.

Jangan takut salah

Bumbu-bumbu dasar dan bahan makanan sudah mulai hafal di luar kepala. Sekarang, ini nih yang harus ditanamkan kepada diri kamu.

Buat meyakinkan diri kalau kamu bisa masak.. jangan pernah takut buat mencoba dan salah ya. Soalnya kalau kamu takut mencoba, kamu nggak akan pernah bisa belajar memasak. Kalau masakan pertama gagal, itu hal yang wajar banget. Namanya juga masih belajar, kan?

Awali memasak sesuatu yang sederhana

Karena kamu masih pemula dan awam banget di dunia masak memasak, awali memasak menu yang sederhana seperti telur rebus dan tempe goreng. Masak yang

simple

banget deh pokoknya.

Setelah itu, mulailah dengan menaikkan tingkat kesulitan masakan sedikit demi sedikit, seperti membuat sayur bayam atau aneka masakan tumis-tumisan.

memasak2 Memasak telur rebus

Gunakan bahan makanan yang segar

Pastikan bahan makanan yang kamu gunakan untuk memasak merupakan bahan makanan yang masih segar. Soalnya bahan makanan yang masih segar bakal berpengaruh sama hasil masakanmu lho. Pastinya kalau masih segar masakan jadi lebih enak.

Nah sebagai pemula, nggak ada salahnya juga kamu pergi sendiri ke pasar atau supermarket untuk membeli bahan makanan yang segar karena hal itu bisa menjadi cara belajar kamu dalam mengenal bahan makanan.

Pelajari resep dengan baik

Sebagai pemula, kamu harus mempelajari resep masakan dengan seksama. Bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan, takaran bumbu yang diperlukan, suhu yang dianjurkan untuk memasak makanan agar kandungan gizinya nggak hilang. serta masakan jadi matang dengan sempurna.

Kamu bisa mempelajari resep dari buku masakan, melihat tutorial masak di internet, atau bertanya soal resep ke Mama atau teman kamu yang sudah jago masak.

memasak3 Resep memasak

Jangan dulu mencoba bereksperimen dengan resep

Karena kamu belum tahu banyak tentang bumbu-bumbu masak dan bahan makanan, atau sebaliknya misalnya kamu sudah mengetahuinya sedikit demi sedikit, tapi sebagai pemula alangkah baiknya kamu ikuti saja petunjuk resepnya.

Lebih baik kamu jangan bereksperimen dengan resep dulu ya. Nggak mau kan cita rasa masakanmu hancur karena kamu coba-coba bereksperimen dengan resep. Hmm...

Hati-hati saat memasak

Cidera bisa terjadi saat memasak jika kamu kurang berhati-hati. Pastikan tidak ada bau gas di sekitar tungku dan dapur. Kemudian pastikan juga wajan atau panci yang akan digunakan sudah dalam posisi yang pas dan kokoh di atas kompor.

Peralatan masak juga nggak kalah pentingnya buat disiapkan. Gunakan peralatan masak yang dianjurkan agar kegiatan memasakmu jadi lebih mudah dan aman.

Sebagai pemula, kamu juga tidak perlu takut ketika memasak namun tetap harus berhati-hati. Kalau kamu takut terkena letupan minyak panas saat menggoreng ayam dan ikan, tutup wajan saat menggoreng. Saat merebus air, jauhkan tangan atau wajah dari lubang panci karena akan mengeluarkan uap panas.

Ingat! jika badan kamu terlanjur kena cipratan minyak atau air panas, jangan oleskan pasta gigi atau kecap yang sebenarnya akan menambah lukanya tambah panas. Cukup basuh bagian yang terkena dibawah air yang mengalir hingga rasa panas mulai mereda.

Cicipi masakan sebelum diangkat

Karena kamu masih pemula, jangan pernah menggunakan

insting-

mu ya.

Kan

kamu belum ahli banget. Pokoknya sebelum masakan diangkat, ada baiknya kamu mencicipi masakanmu itu. Apakah rasanya ada yang pas atau ada yang kurang.

Banyak berlatih

Pernah dengar ungkapan yang berbunyi

'alah bisa karena biasa’?

Yap! Pepatah ini bisa kamu terapkan dalam usaha belajar memasak. Dengan banyak berlatih, kamu bakal jadi ahli. Kalau di percobaan awal-awal kamu gagal, itu adalah hal yang wajar kok. Jadi jangan pernah menyerah buat mencoba ya. Pokoknya kamu harus seirng-sering berlatih. Yakin deh suatu saat kamu pasti bisa masak.

memasak4 Latihan memasak

Practice makes perfect, ungkapan itu benar sekali. Seringlah memasak supaya lidah kamu lebih peka terhadap rasa masakan dan lebih mudah membumbui tanpa harus bolak-balik melihat resep. Oia, kalau kamu ragu saat memasak, mintalah bantuan orang lain seperti anggota keluarga untuk mencicipi masakanmu.

Jangan lupa selalu rapikan dan bersihkan kembali alat masak dan dapur setelah memasak agar tetap bersih yah! Denger-denger, masakan juga akan terasa lebih lezat jika kamu memasaknya sepenuh hati dan dengan cinta. Penasaran ingin mencoba, kan? Selamat memasak!


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments