youtube channel

Channels

Tim DVI Polri Berhasil Identifikasi Lagi 3 Jenazah Lion Air PK-LQP JT 610

Tim DVI Polri Berhasil Identifikasi Lagi 3 Jenazah Lion Air PK-LQP JT 610

Kepala Laboratorium DNA DVI Mabes Polri Kombes Putut Cahyo Widodo, memberikan keterangan kepada wartawan, Selasa (20/11).

antvklik.com - - Memasuki hari ke-22 pemeriksaan jenazah korban pesawat Lion Air PK-LQP JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, Tim DVI (Disaster Victim Identification) Mabes Polri, berhasil mengindentifikasi lagi 3 jenazah penumpang Lion Air.

Kepala Laboratorium DNA DVI Polri Kombes Putut Cahyo Widodo menjelaskan ketiga jenazah yang berhasil diidentifikasi melalui hasil tes DNA adalah Puspita Etka Putri (24), perempuan. Ahmad Sukron Hadi (30), laki-laki dan Muhammad Lutfi Nurangdani (26), laki-laki. Maka dengan demikian, total jumlah jenazah pesawat Lion Air JPK-LQP JT 610 yang berhasil teridentifikasi sebanyak 104 penumpang, terdiri dari 75 laki-laki dan 29 perempuan.

Dikatakan Putut, Tim DVI Rumah Sakit Polri Said Sukanto Kramatjati memastikan proses identifikasi para korban pesawat Lion Air PK-LQP JT 610 akan dihentikan pada Jumat (23/11) mendatang. Di hari itu juga, sekaligus akan dilakukan evaluasi menyeluruh terhadap 666 sampel body part dari 189 korban, apakah perlu adanya pengulangan uji tes DNA.

"Tanggal 23 diperkirakan akan selesai semua pemeriksaan DNA dan akan dievaluasi lagi apakah ada perlu pengulangan," ujar Kepala Bidang DVI Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri Kombes Lisda Cancer.

Apabila nanti ada body part yang berhasil diidentifikasi ternyata merupakan bagian dari korban yang telah teridentifikasi sebelumnya oleh tim DVI Polri, maka pihak Rumah Sakit Polri akan segera menghubungi pihak keluarga korban.

"Ini sudah disepakati untuk penumpang yang sudah teridentifikasi, kemudian ada teridentifikasi body part yang sama, keluarga akan dihubungi dan dikembalikan, apakah kelurga akan mengambil atau diserahkan kepada kami, untuk pemakaman dan lain sebagainya," tambah Lisda.

Selama 22 hari proses identifikasi oleh tim DVI Polri, ada satu keluarga korban yang setiap hari mendatangi RS Polri Kramat Jati, berharap anggota keluarganya bernama Diah Damayanti (43), dapat teridentifikasi.

"Belum sampai saat ini, atas nama Diah damayanti, belum sama sekali," ujar Helmi, kakak Diah Damayanti.

"Harapannya semakin kecil kan karena tinggal tiga hari lagi. Kita tambah pesimis. Kalau memang ternyata pada akhir tanggal 23 kita pasrah. Tapi kita tetap berharap," ucap Damsik, kakak lainnya dari korban Diah Damayanti.

Pesawat Lion Air PK-LQP JT 610 rute Cengkareng - Pangkalpinang membawa 189 penumpang dan kru pesawat, mengalami kecelakaan di Tanjung Karawang, Bekasi, Jawa Barat, 13 menit setelah lepas landas dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Senin (29/10/2018) lalu.

Laporan Shandi March dan Ahmad Junaidi dari Jakarta


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments