youtube channel

Channels

Ternak Puyuh di Lahan Sempit, Hasilnya Melejit

Ternak Puyuh di Lahan Sempit, Hasilnya Melejit

Ternak Puyuh di Lahan Sempit, Hasilnya Melejit

www.antvklik.com -Beternak hewan tidak selalu harus dilakukan di lahan yang luas. Masyarakat perkotaan juga dapat memanfaatkan lahan seadanya untuk memulai usaha beternak burung puyuh. Usaha tersebut cocok untuk dikembangkan di kawasan perkotaan seperti di Kota Bandung, Jawa Barat. Yang penting adalah harus menjaga kebersihan agar tidak mengganggu lingkungan. Beternak puyuh memiliki prospek yang baik untuk dikembangkan, apalagi kebutuhan akan telur puyuh cukup tinggi di perkotaan.

Minimnya lahan di kota-kota besar di Indonesia memang menjadi salah satu kendala untuk menjalankan usaha. Nah, berada di Timur Kota Bandung, tepatnya di Kampung Sekedangdeur, Kelurahan Cisurupan, Kecamatan Cibiru , pemerintah setempat melalui Dinas Pangan dan Pertanian mencoba untuk memanfaatkan sebagian lahannya warga untuk menjadi peternakan burung puyuh.

Kandang yang dipakai juga tidak terlalu besar, dengan ukuran satu kali 80 sentimeter dan tinggi dua meter dapat menampung sedikitnya 40 ekor puyuh dalam setiap rak atau maksimal 200 ekor puyuh dalam satu kandang.

Tak disangka, meski baru berjalan selama dua bulan, perkembangan peternakan puyuh tersebut cukup pesat. Dari 3.000 ekor bibit puyuh pada pembelian awal, kini 600 ekor diantaranya telah berhasil menetas.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Elly Wasliahmenuturkan peternakan burung puyuh cocok untuk dikembangkan di kawasan perkotaan seperti Kota Bandung.

“Bisa dikembangkan, karena secara aspek lingkungan tidak mengganggu, tidak memerlukan ruang yang luas sehingga memiliki prospek yang baik untuk dikembangkan.Aapalagi telur puyuh cukup digemari oleh masyarakat perkotaan,” ujar Elly.

Modal untuk mengawali peternakan burung puyuh ini relatif murah yakni sekitar Rp16 juta. Dengan modal tersebut sudah bisa mendapatkan seribu ekor day old quail atau bibit puyuh, lima kandan, satu set peralatan dan bibit serta pakan burung puyuh.

Bagi masyarakat Kota Bandung yang akan membuka usaha peternakan, ada baiknya mencoba peternakan burung puyuh yang cukup menjanjikan. Selain memiliki prospek yang baik juga dapat menjadi sumber ketahanan pangan warga perkotaan. Demikian laporan Jhon Hendra dari Bandung, Jawa Barat.


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments