youtube channel

Channels

SUBANG PECAHKAN REKOR MURI TANGKAP IKAN TERBANYAK TANPA ALAT

SUBANG PECAHKAN REKOR MURI TANGKAP IKAN TERBANYAK TANPA ALAT

SUBANG PECAHKAN REKOR MURI TANGKAP IKAN TERBANYAK TANPA ALAT

antvklik.com - - Kabupaten Subang pecahkan rekor MURI dalam rangkaian peringatan hari jadinya ke-69. Kali ini, Kabupaten Subang pecahkan rekor MURI untuk tangkap ikan tanpa menggunakan alat.

Kabupaten Subang pecahkan rekor MURI untuk menangkap ikan tanpa alat dengan jumlah peserta terbanyak. Melibatkan 2.700 orang, para peserta berebut ikan sebanyak 6 ton yang ditebar penyelenggara.

SUBANG PECAHKAN REKOR MURI TANGKAP IKAN TERBANYAK TANPA ALAT (sumber: koleksi Emzi Ardiwinata)

Kegiatan Subang pecahkan rekor MURI yang berlangsung di Saluran Irigasi Sekunder Bendung Leuwinangka Kelurahan Dangdeur Kecamatan/Kabupaten Subang, Sabtu 1 April 2017 tersebut memecahkan rekor tahun 2014 di Jakarta yang melibatkan 1.700 peserta. Suasana di sekitar saluran irigasi berubah, biasanya sepi, sejak pagi sudah dipadati ribuan warga. Selain peserta yang berpartisipasi menangkap ikan, warga yang datang menyaksikan pemecahan rekor lebih banyak lagi. Di kiri dan kanan saluran irigasi tampak berderet warga.

SUBANG PECAHKAN REKOR MURI TANGKAP IKAN TERBANYAK TANPA ALAT (sumber: koleksi Emzi Ardiwinata)

Plt. Bupati Subang Imas Aryumningsih simbolis menebar ikan, diikuti muspida, sekda dan pejabat lainnya. Kemudian para petugas penebar ikan. "Komando" dimulainya kegiatan Subang pecahkan Rekor Muri ditandai pemukulan kentongan disusul bunyi peluit. Ribuan peserta yang sudah terjun di air langsung berlomba mendapatkan ikan sebannyak-banyaknya. Peserta diberi waktu "berburu" ikan sekitar 30 menit, dan dinyatakan selesai ditandai dengan bunyi peluit. Petugas Muri yang sudah melakukan pendataan mengumumkan hasilnya.

Triono dari MURI menyatakan rekor baru tangkap ikan tanpa alat dengan peserta terbanyak berhasil dibukukan di Kabupaten Subang, memecahkan rekor sebelumnya di Jakarta. Rekor sebelumnya tercatat 1.000 peserta tahun 2014, tahun ini di Subang pesertanya mencapai 2.700. "Kami awalnya menerima daftar sebanyak 2.500 orang, setelah diverifikasi ternyata melebihi target, hasil pendataan kami dalam pemecahan rekor muri di Subang sebanyak 2.700. Ini menjadi sejarah baru bagi warga Subang," katanya.

Setelah mengumumkan Subang pecahkan rekor MURI untuk tangkap ikan tanpa alat dengan peserta terbanyakg, Triono menyerahkan piagam pemecahan rekor dari MURI kepada Plt. Bupati Subang Imas Aryumningsih didampingi muspida.

Plt Bupati mengatakan terima kasih kepada tim rekor Muri, seluruh perwakilan OPD, sekolah dan masyarakat atas partisipasinya sehingga acara bisa berjalan lancar. Imas menegaskan kegiatan ini bukan hanya memecahkan rekor Muri, tetapi ada yang lebih penting lagi. Dia berharap acara ini bisa menjadi momentum supaya masyarakat lebih gemar makan ikan, sehingga konsumsi ikan bisa meningkat. Selain itu mengembalikan habitat ikan, dan menggairahkan budidaya ikan.

"Ini juga sekaligus mengukuhkan bahwa Kabupaten Subang selama ini sebagai penghasil benih ikan mas terbesar di Jabar. Kualitas ikan hasil budidayanya juga lebih bagus dibanding daerah lain, dan lebih diminati pasar," ujarnya.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments