youtube channel

Channels

Sidang Pembacaan Vonis Ahok, Dijaga Ribuan Personel Polri dan TNI

Sidang Pembacaan Vonis Ahok, Dijaga Ribuan Personel Polri dan TNI

Sidang Pembacaan Vonis Ahok, Dijaga Ribuan Personel Polri dan TNI

antvklik.com - - Sidang vonis Ahok yang digelar di Aula Kementerian Pertanian (Kementan), Jakarta, Selasa (9/5) dijaga ketat polisi. Sidang dugaan penodaan terhadap agama yang diduga dilakukan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tinggal menunggu pembacaan vonis.

Pada sidang sebelumnya sebanyak tiga belas ribu personel diturunkan untuk menjaga keamanan sidang Ahok. Berbeda dengan sidang pembacaan vonis Ahok hari ini, sebanyak empat belas ribu personel Polri dan TNI di terjunkan, jumlah tersebut lebih banyak dari sidang-sidang sebelumnya. Banyaknya jumlah personel yang di terjunkan ini agar sidang pembacaan vonis Ahok dapat berjalan aman dan lancar tanpa adanya gangguan apapun.

Pada pembelaannya dalam persidangan sebelumnya, terdakwa Ahok membantah bahwa ia telah melakukan penodaan agama atau penghinaan terhadap golongan tertentu lantaran mengutip Surat Al Maidah ayat 51, saat berpidato di Kepulauan Seribu pada 27 September 2016. Ahok menyebut ia ingin melayani untuk kesejahteraan warga mski harus melawan arus.

Dalam kasus tersebut Ahok didakwa dua pasal alternatif yakni pasal 156a KUHP atau Pasal 156 KUHP. Namun dalam tuntutan tersebut JPU mengabaikan pasal 156a KUHP karena ucapan Ahok tak ada unsur niat, JPU pun menuntut Ahok dengan pasal 156 KUHP dan hukuman 1 tahun penjara dengan masa percobaan 2 tahun. Menurut Ahok, kasus ini mencuat setelah Buni Yani mengunggah video pidatonya di Kepulauan Seribu yang mengutip surat AL Maidah ayat 51.

Nasib Ahok akan ditentukan pada persidangan hari ini. Persidangan vonis Ahok yang diketuai Majelis hakim Dwiarso Budi Santiarto bisa saja menjatuhkan hukuman lebih berat atau ringan dari tuntutan jaksa.

Sebelum membacakan putusan, Ketua Majelis Hakim Dwiarso Budi Santiarto meminta persetujuan terkait pembacaaan lembar putusan. Berkas vonis Ahok ada 630 lembar namun tak seluruhnya di bacakan dalam sidang vonis terhadap Ahok.

Dalam menjalani vonis Ahok hari ini, dirinya menyerahkan semunya kepada Tuhan, walaupun majelis hakim mevonisnya bersalah dan ia mengaku pasrah.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) memberikan imbauan kepada masyarakat untuk hormati apapun hasil vonis Ahok. Masyarakat diminta untuk mempercayai apapun keputusan yang ditetapkan oleh hakim.


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments