youtube channel

Channels

Jaksa Tuntut Ahok Hukuman 1 Tahun Dengan Percobaan 2 Tahun

Jaksa Tuntut Ahok Hukuman 1 Tahun Dengan Percobaan 2 Tahun

Jaksa Tuntut Ahok Hukuman 1 Tahun Dengan Percobaan 2 Tahun

antvklik.com - www.antvklik.com- Jaksa menuntut Basuki Cahaya Purnama alias Ahok dengan hukuman selama 1 tahun dengan masa percobaan 2 tahun. Dalam sidang tuntutan Ahok di Pengadilan Negeri Jakarta Utara di Kementan hari ini, jaksa mengatakan Ahok dinyatakan menyebarkan rasa kebencian dan permusuhan saat kunjungannya ke Kepulauan Seribu. Setelah sidang tuntutan Ahok, sidang ditunda sampai Selasa pekan depan.

Jaksa Ali Mukartono membacakan bagian awal dari pembacaan tuntutan. Dia memastikan tuntutan yang akan dibacakan berdasarkan alat bukti, tidak ada keberpihakan. "Kami dalam menyampaikan surat tuntutan ini berdasarkan pada dakwaan dan juga fakta-fakta dari persidangan," kata Ali.

Dalam sidang tuntutan Ahok ini, Jaksa penuntut umum membedah kalimat pidato Ahok per kata untuk menentukan apakah pidato Ahok di Pulau Pramuka 30 September 2016 lalu.

"Ah, nanti kalau nggak terpilih, pasti Ahok programnya bubar.' Enggak, saya sampai Oktober 2017.

Jadi jangan percaya sama orang, kan bisa saja dalam hati kecil bapak ibu nggak bisa pilih saya ya kan? dibohongi pakai Surat Al-Maidah 51, macam-macam itu. Itu hak bapak-ibu ya. Jadi kalau bapak-ibu perasaan enggak bisa kepilih nih, karena saya takut masuk neraka karena dibodohin gitu ya, enggak apa-apa. Karena ini panggilan bapak ibu. Program ini jalan saja. Jadi, bapak ibu enggak usah merasa enak, karena nuraninya enggak bisa pilih Ahok. Kalau kerasa enggak enak, bapak ibu bisa mati pelan-pelan lho."
Jaksa menganggap sebagai terdakwa, Ahok tidak terbukti melakukan tindakan yang melanggar Pasal 156a KUHP dalam dakwaan primer. Namun, Ahok dinyatakan secara sah dan terbukti melanggar Pasal 156 KUHP dalam dakwaan alternatif. Hal itu terkait dengan pernyataannya di Kepulauan Seribu pada 27 September 2016, yang mengutip Surat Al Maidah Ayat 51.

Dalam uraiannya Jaksa mengatakan Ahok telah terbukti menyatakan unsur menyebarkan kebencian di depan umum. “Menuntut Majelis Hakim menjatuhkan hukuman selama 1 tahun dengan masa percobaan selama 1 tahun dengan masa percobaan 2 tahun ,”kata Jaksa Penuntut Umum.

Sidang akan dilanjutkan Selasa 25 April 2017 pada untuk mendengarkan pledoi terdakwa dan penasehat hukum terdakwa.


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments