youtube channel

Channels

Seorang Warga Tewas Disengat RatusanTawon Vespa Affinis

Seorang Warga Tewas Disengat RatusanTawon Vespa Affinis

Seorang warga di Klaten, Jawa Tengah tewas diseang tawon Vespa Affinis (Foto: ANTV/ Agus Saptono)

Seorang warga di Klaten, Jawa Tegah, tewas disengat tawon Vespa Affinis. Sarang tawon berdiameter setengah meter yang berada di rumpun bambu langsung dievakuasi dan dimusnahkan tim relawan pembasmi tawon Vespa Affinis.

antvklik.com - Sejumlah warga Desa Tlobong, Delanggu, Klaten, Jawa Tengah, Minggu malam(19/1/2020) berdatangan ke rumah duka, Srihono. Salah satu warga yang meninggal dunia akibat disengat tawon Vespa Affinis.

tewas dierang tawon vespa 2 Setelah disiram minyak, sarang tawon dibongkar (Foto: ANTV/ Agus Saptono)

Setelah kejadian penyerangan oleh tawobn vespa ini, sejumlah tim relawan pembasmi tawon vespa, Damai Modal Mikir (Damkir) langsung melakukan evakuasi sarang tawon berdiameter setengah meter yang berada di bawah rumpun bambu. Evakuasi dilakukan dengan cara menutup lobang sarang dan kemudian menyemprot sarang dengan menggunakan bahan bakar minyak. Setelah dipastikan semua tawon yang berada di dalam sarang tidak berdaya, sarang langsung dievakuasi dan dibawa ke tempat yang aman untuk dimusnahkan. Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar.

tewas dierang tawon vespa 3 Sarang tawon vespa dibakar (Foto: ANTV/ Agus Saptono)

Korban sebelumnya pada hari Sabtu (18/1/2020) mencari kayu bakar di bawah rumpun bambu. Tak disangka saat korban menarik ranting kayu, ada sarang tawon Vespa Affinis berukuran raksasa yang ikut goyang, dan ratusan tawon langsung menyerang korban.

“Setelah diserang tawon, Ayah saya dibawa ke RSU PKU Muhammadiyah Delanggu untuk menjalani pengobatan. Setelah melakukan rawat jalan, pada Minggu petang korban muntah-muntah dan dibawa ke IGD RSU PKU Muhammadiyah Delanggu, namun pada Minggu malam korban sudah meninggal dunia, “ ujar Tri Subiyanto, anak korban.

Sementara tim relawan mengatakan sarang tawon ini tergolong besar dengan diameter sekitar 50 cm.
“Sarang tawon vespa ini cukup besar, dengan diameter setengah meter. Usianya sekitar 2 bulan, “ujar Anggota tim relawan Damkir pembasmi tawon vespa, Tara Kus Setyawan.

Sebelumnya, pada awal bulan Nopember 2019 juga ada dua warga Klaten, Jawa Tengah, yang meninggal akibat diserang tawon Vespa Affinis.

Agus Saptono | Klaten, Jawa Tengah


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments