youtube channel

Channels

Sekolah Kandang Ayam Pandeglang, Banten

Sekolah Kandang Ayam Pandeglang, Banten

Sekolah Kandang Ayam Pandeglang, Banten

antvklik.com - - Puluhan siswa Sekolah Dasar Negeri Sorongan 2, Kecamatan Cibaliung, Pandeglang, Banten, harus belajar dengan kondisi sekolah yang mirip kandang ayam. kondisi ruang kelas yang terbuat dari bilik dan beratapkan rumbia yang sudah rapuh, jika hujan selalu kebocoran membuat siswa harus berajar dengan rasa takut.

Seperti inilah kondisi Sekolah Dasar Negeri Cibaliung 2, yang berada di kampung Curug, Desa Sorongan, Kecamatan Cialiung, Pandeglang, Banten, bangunan sekolah yang terbuat dari bambu dan beratapkan rumbia ini di hanya memiliki satu ruang kelas berukuran 3 kali 3 dengan 43 siswa didik, terlihat seperti bangunan kandang ternak.

Bangunan sekolah yang dibangun secara gotong royong oleh masyarakat tahun 2008 lalu ini diatas tanah hibah warga, hanya berlantaikan tanah dengan kondisi bangunan yang sudah rapuh.

Sekolah yang dibangun warga ini merupakan kelas jauh bagi warga Desa Sorongan dan Desa Curug, karena sekolah utama yakni Sekolah Dasar Negeri Sorongan 2 berjarak cukup jauh hingga 10 kilo dari pemukiman mereka.

Kondisi ini membuat sejumlah siswa pun harus dihantui rasa takut. Dikatakan oleh para siswa jika kondisi panas, lantai yang beralaskan tanah selalu mengeluarkan debu yang mengganggu siswa. Bahkan jika hujan, atap rumbia yang menutupi bangunan sekolah pun kerap bocor.

“ya, kalau hujan jadi bocor kelasnya, terus belajarnya ganyaman, pengen punya sekolah bagus “ Kata salah satu murid Sekolah Dasar Negri Sorongan 2.

Sementara itu salah seorang guru mengatakan. dengan kondisi bangunan seperti ini ( Sekolah yang mirip kandang ayam ) , dirinya mengaku pasrah dan tidak bisa berbuat banyak, meski konsentrasi siswa terganggu saat belajar.

“ya, suka duka dari sekolah ini ya kalau musim hujan gubuknya kebajiran,kalau kesekolah juga jauh jaraknya 3 kilo, lalu kan ada beberapa kelas dari kelas 1 sampe sekian, jadi satu gubuk harus dibagi untuk beberapa kelas gitu”

Sementara itu wakil ketua DPRD Pandegang Erin Fabiana yang meninjau lokasi sekolah mengaku sangat prihatin dan merasa malu dengan masih adanya sekolah seprti ini.

Meski sekolah ini merupakan sekolah jauh bukan sekolah induk, dirinya mengaku merasa telah gagal menjadi wakil rakyat karena belum bisa memberikan yang terbaik bagi warga bahkan para penerus bangsa ini.

Pihaknya juga berjanji akan segera membangun sekolah dengan berkordinasi dengan Pemda setempat hingga kementrian pendidikan untuk menganggarkan pembangunan sekolah.

Dari pandeglang banten Siti ma’rufah, mengabarkan. (ANTV)


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments