youtube channel

Channels

Sejarah Skateboard Indonesia, Si Anak Tiri Yang Berpeluang Harumkan Nama Negeri

Sejarah Skateboard Indonesia, Si Anak Tiri Yang Berpeluang Harumkan Nama Negeri

Sejarah Skateboard Indonesia, Si Anak Tiri Yang Berpeluang Harumkan Nama Negeri

antvklik.com - - Mungkin, tidak banyak dari anda yang tahu sejarah skateboard Indonesia. Tapi nyatanya, olahraga yang satu ini kini menjadi salah satu olahraga yang digandrungi banyak orang. Padahal awalnya, olahraga ini sempat dipandang sebelah mata oleh banyak orang.

Skateboard sendiri merupakan olahraga asal Amerika Serikat, yang ditemukan pertama kali pada era tahun 1940 hingga 1950-an. Berawal dari keisengan para peselancar di kawasan California, skateboard awalnya hanyalah olahraga ‘alternatif’ bagi mereka yang tidak bisa berselancar di laut saat tidak ada ombak.

Namun kini, skateboard termasuk salah satu olahraga ekstrim yang kini banyak digemari masyarakat dunia.

Di Indonesia, skateboard juga punya pasarnya sendiri. Identik dengan dunia anak muda, sejarah skateboard Indonesia sendiri, cukup menarik untuk disimak.

Sejarah skateboard Indonesia dimulai pada era 1980-an. Segelintir orang yang tahu tentang skateboard, hanya bisa mengandalkan video dan majalah tentang skateboard, yang cukup sulit didapatkan pada saat itu, untuk mencari tahu informasi mengenai skateboard.

Sejarah skateboard Indonesia berubah, ketika di era tahun 1990-an akses untuk mendapatkan informasi mengenai skateboard semakin terbuka. Toko-toko yang menjual peralatan skateboard pun semakin banyak, meskipun banyak pula dari mereka yang berjualan ala-alat skate tanpa ijin resmi. Hal ini menyebabkan olahraga skateboard semakin menjamur di Indonesia.

Tahun 1998, satu peristiwa penting terjadi dalam sejarah skateboard Indonesia. Untuk pertama kalinya , sebuah kejuaraan skateboard digelar di Jakarta. Pesertanya memang tidak banyak, tapi kejuaraan ini berhasil menarik perhatian publik dan memperkenalkan olahraga skateboard. Sejak saat itulah event-event kejuaraan skateboard semakin banyak dibuat di Indonesia.

Sejarah skateboard Indonesia memang cukup panjang, namun sesungguhnya skateboard bisa dibilang merupakan olahraga yang tidak begitu populer di Indonesia. Jumlah pelakunya memang cukup banyak. Kurang lebih 30.000 orang atlet skateboard yang tersebar ke seluruh pelosok negeri. Sudah cukup banyak pula atlet skateboard berprestasi yang mendapat gaji, bonus dan uang saku dari pihak sponsor.

Tahun 2020 nanti, skateboard akan menjadi salah satu cabang olahraga baru yang dipertandingan di ajang Olimpiade. Meskipun para atlet skateboard Indonesia harus berlatih dengan fasilitas yang minim dan kurang perhatian dari berbagai pihak, namun prestasi atlet skateboard Indonesia boleh diadu dengan atlet skateboard dari negara lain.

Dan bukan tidak mungkin, di Olimpiade 2020 nanti Indonesia akan meraih medali emas dari cabang ini.

baca juga


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments