youtube channel

Channels

Saat Covid-19, Muncul Lagi Virus Baru di China yang Juga Berpotensi Jadi Pandemi

Saat Covid-19, Muncul Lagi Virus Baru di China yang Juga Berpotensi Jadi Pandemi

Tim medis China melakukan pemeriksaan di laboratorium (Foto: CCTV)

Di tengah berlanjutnya pandemi Covid-19, muncul lagi virus baru di China. Para ilmuwan khawatir virus baru itu berpotensi jadi pandemi baru.

antvklik.com - Berdasarkan penelitian yang dirilis oleh Procedings of the National Academy of Sciences. sebuah jurnal dari Amerika Serikat, ada penemuan virus baru yang mirip virus flu babi yang pernah mewabah pada 2009.

Virus baru ini diberi nama G4-EA H1N1. Bila dibandingkan dengan virus flu babi lama, virus baru ini memang serupa tapi tak sama.

Para ilmuwan kemudian mengindentifikasi virus baru ini berada di urutan teratas ancaman penyakit terhadap manusia.

Para ilmuwan mendeteksi virus baru itu setelah menganalisa 30 ribu sampel cairan hidung babi di 10 provinsi di China beberapa waktu lalu.

Para pekerja peternakan babi juga menjalani pemeriksaan. Hasilnya, 10 persen pekerja yang rata-rata berusia berusia antara 18 hingga 35 tahun telah terinfeksi virus itu.

Hasil tes menunjukkan bahwa kekebalan yang didapat manusia dari paparan flu musiman tidak efektif dalam menangkal virus baru ini.

Kini, para ilmuwan khawatir, virus ini dapat cepat bermutasi sehingga bisa menular antar manusia dan berpotensi memicu gelombang pandemi baru seperti halnya virus corona.

"Mengendalikan virus G4 EA H1NI pada babi dan memantau ketat masyarakat, terutama para pekerja yang bekerja di peternakan babi harus segera diimplementasikan," tulis para ilmuwan dalam rekomendasinya.

Berita penemuan virus baru di China bertepatan dengan persiapan tim WHO ke negara itu untuk menyelidiki sumber virus corona yang telah menjangkiti lebih dari 10 juta orang di dunia.

Sky News, India Today


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments