youtube channel

Channels

Banyak Plat B Wisata ke Jabar, Ridwan Kamil: Tak Semua Orang Jakarta

Banyak Plat B Wisata ke Jabar, Ridwan Kamil: Tak Semua Orang Jakarta

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Rdiwan Kamil/Instagram).

Kendaraan plat B kerap ditemukan di kawasan wisata di Jawa Barat (Jabar). Temuan tersebut dinilai bertolak belakang dengan kebijakan Pemprov Jabar yang menolak wisatawan dari luar Jabar, untuk menyekat penularan covid-19.

antvklik.com - Menyikapi fenomena tersebut, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjelaskan kedatangan kendaraan plat B di kawasan wisata belum bisa dipastikan merupakan wisatawan Jakarta.

"Saya lakukan secara proporsional, tidak semua plat B itu orang Jakarta, ada orang Cianjur punya plat B, ada orang Bogor punya plat B," kata Ridwan Kamil di Bandung, Jawa Barat, Selasa (30/6/2020), seperti dilansir dari Vivanews.

Pria yang sering dipanggil Kang Emil ini memastikan untuk menghindari kehawatiran tersebut, tes masal menjadi kunci dan agenda prioritas untuk kawasan pariwisata.

"Yang penting kita akan lakukan testing yang tidak berhenti di daerah pariwisata," katanya.

Ia juga menambahkan kebijakan berat seperti penutupan kawasan wisata bisa dilakukan jika pengunjung maupun pengelola wisata tidak disiplin mentaati protokol kesehatan Covid-19.

"Kalau anomalinya besar, maka kebijakannya langaung ditutup. Tapi kalau tidak ada anomali, kita masih mentoleransi dengan kehati-hatian," katanya.

Mantan Wali Kota Bandung ini mencontohkan ketegasan pengelola wisata Taman Safari Bogor layak ditiru oleh wisata lainnya. "Di Taman Safari mereka membalik kanan-kan yang KTP-nya bukan Jawa Barat, sambil terus dites," katanya.

Ia menilai pelaksanaan tes masal di kawasan puncak beberapa waktu lalu juga memberikan pengaruh kepada wisatawan luar mempertimbangkan ulang untuk berlibur ke Jawa Barat. "Karena pasti kita merazia dengan testing," pungkasnya.

Vivanews


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments