youtube channel

Channels

Replika Pedang dan Sandal Rasulullah ada di Lombok

Replika Pedang dan Sandal Rasulullah ada di Lombok

Replika Pedang dan Sandal Rasulullah ada di Lombok

antvklik.com - www.antvklik.com - Tak perlu jauh-jauh datang ke tanah Arab untuk bisa melihat pedang Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya. Anda cukup berkunjung ke Islamic Center di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Di Islamic Center ini disediakan ruangan khusus untuk menyimpan barang-barang yang memiliki nilai sejarah ini.

Selama bulan suci Ramadhan, Replika benda-benda peninggalan Rasulullah dan para sahabatnya ini disimpan di ruang pameran di Ballroom Masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB. Replika benda peninggalan Rasul yang ditampilkan antara lain, pedang Al-Ma'thur, pedang Al-Qadib, busur panah bambu Al-Safra, dan sandal milik Rasulullah. Ada juga replika pedang-pedang peninggalan para sahabat Rasululllah, seperti pedang Dhu Al-Faqar milik Abu Bakar Siddik, pedang Al-Qal'i milik Umar bin Khattab, pedang Al-Hatf milik Utsman bin Affan, dan pedang Dzulfiqar milik Ali bin Abi Thalib.

replika pedang rasul 2

Pedang Al Ma'thur, juga dikenal sebagai ‘Ma’thur Al-Fijar’ adalah pedang yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW sebelum dia menerima wahyu yang pertama di Mekah. Pedang ini diberi oleh ayahnya, dan dibawa waktu hijrah dari Mekah ke Medinah sampai akhirnya diberikan bersama-sama dengan peralatan perang lain kepada Ali bin Abi Thalib.

Hingga kini pedang Al Ma'thur berada di Museum Topkapi, Istanbul, Turki. Berbentuk blade dengan panjang 99 cm. Pegangannya terbuat dari emas dengan bentuk berupa dua ular dengan berlapiskan emeralds dan pirus. Dekat dengan pegangannya terdapat Kufic ukiran tulisan Arab berbunyi: ‘Abdallah bin Abd al-Muthalib’.

pedang rasul 3 al mathur

Kemudian ada pedang Al-‘Adb, nama pedang ini, berarti “memotong” atau “tajam.” Pedang ini dikirim ke para sahabat Nabi Muhammad SAW sesaat sebelum Perang Badar. Dia menggunakan pedang ini di Perang Uhud dan pengikut-pengikutnnya menggunakan pedang ini untuk menunjukkan kesetiaan kepada Nabi Muhammad SAW. Sekarang pedang ini berada di masjid Husain di Kairo Mesir.

Ada juga pedang Dhu Al Faqar, sebuah pedang Nabi Muhammad SAW sebagai hasil rampasan pada waktu perang Badr. Nabi Muhammad SAW memberikan pedang ini kepada Ali bin Abi Thalib, yang kemudian Ali mengembalikannya ketika Perang Uhud dengan bersimbah darah dari tangan dan bahunya, sambil membawa Dhu Al Faqar di tangannya. Banyak sumber mengatakan bahwa pedang ini milik Ali Bin Abi Thalib dan keluarga. Berbentuk blade dengan dua mata.

tongkat dan sandal rasul

Selain itu juga terdapat replika sandal Nabi Muhammad SAW, yang cukup menarik perhatian para pengunjung.

Selama pameran ini dibuka para pengunjung dari berbagai daerah di Nusa Tenggara Barat berbondong-bondong datang untuk melihat replika yang bernilai sejarah perjuangan Islam. Dengan adanya pameran replika pedang Rasulullah SAW ini, para pengunjung dapat membayangkan bagaimana beratnya perjuangan Rasulullah dalam memperjuangkan tegaknya agama Islam.

Koordinator pameran Adit Isra mengatakan ada 22 item pedang yang dipamerkan di Islamic Center, NTB ini. Adit mengatakan Replika pedang ini didatangkan dari Turki. Laporan Marwan Albab dan Kukun Y.P. dari Lombok, Nusa Tenggara Barat.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments