youtube channel

Channels

Jelang Keberangkatan Ibadah Haji Reparasi Koper Haji Kebanjiran Order

Jelang Keberangkatan Ibadah Haji Reparasi Koper Haji Kebanjiran Order

Jelang Keberangkatan Ibadah Haji Reparasi Koper Haji Kebanjiran Order

antvklik.com - www.antvklik.com - Seorang pensiunan PNS di Mojokerto, Jawa Timur, menjadi tukang reparasi koper untuk memasang roda koper milik para calon jamaah haji. Dalam sehari, reparasi koper haji ini dapat memasang sedikitnya 300 roda pada koper haji, dan dihargai 180 ribu rupiah setiap satu set rodanya. jelang musim ibadah haji, tukang reparasi koper haji yang berada di kelurahan Panggerman, kecamatan Kranggan, kota Mojokerto, Jawa timur, kebanjiran order pemasangan roda koper. Reparasi koper haji ini adalah usaha milik haji Iskak.

Sejak 14 tahun lalu, pensiunan PNS dinas perhubungan kabupaten Mojokerto ini menggeluti usaha sebagai tukang reparasi koper haji. Setiap jelang musim haji,kakek 74 tahun ini, dipastikan sibuk dengan koper-koper para calon jamaah haji yang ingin dipasangkan roda di kopernya. Usaha musiman ini berawal saat dirinya beribadah haji tahun 2002 lalu. Saat itu, banyak koper milik jamaah haji yang rusak,karena tidak kuat menahan beban. Sementara koper haji miliknya yang dipasangi roda dalam kondisi bagus dan kuat. Sepulang dari ibadah haji, ia pun berinisiatif untuk menjadi tukang reparasi roda koper haji.

Pemasangan roda koper haji ini dilakukan dengan cara cukup sederhana, dan hanya menyiapkan roda serta plat sesuai ukuran koper. Setiap koper milik calon jamaah haji ini dibongkar,dan dipasangi sebuah plat di bagian dalam bawah koper lalu dikaitkan dengan roda. Agar mudah di bawah saat ditarik, setiap koper dipasang empat roda. Dengan dibantu lima orang pekerja,dalam sehari haji Iskak dapat menyelesaikan sedikitnya 300 roda koper haji. hanya dibutuhkan waktu dua menit untuk memasang satu set roda koper. setiap setnya di hargai 180 ribu rupiah. selain dari mojokerto, banyak calon jamaah haji dari luar daerah yang mengirimkan kopernya ke Haji Iskak untuk dipasangi roda. Meski tidak banyak keuntungan yang didapat dari usaha reparasi koper haji ini, namun Haji Iskak ingin memanfaatkan waktu luang di hari tuannya untuk membantu para calon jamaah haji dalam menunaikan ibadah haji.


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments