youtube channel

Channels

Polisi Bongkar Sindikat Penjualan Lumba-lumba di Tulungagung

Polisi Bongkar Sindikat Penjualan Lumba-lumba di Tulungagung

Sembilan lumba-lumba yang disita Polres Tulungagung (ANTV/Aries Sutikno)

Polres Tulungagung, Jawa Timur bongkar sindikat penjualan lumba-lumba. Ada sembilan ekor lumba-lumba yang berhasil disita polisi.

antvklik.com - Seorang nelayan bernama Sunar, Warga Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Tulungagung, Jawa Timur diringkus polisi. Sembilan lumba-lumba jenis moncong panjang juga disita polisi.

Namun hewan mamalia yang disita sudah dalam keadaan mati dengan kondisi sirip dan ekornya hilang. Sunar menyimpan lumba-lumba ini dalam ruang pendingin bersama hasil tangkapan laut lainnya.

Tersangka mengaku, lumba-lumba ini terjerat jaring yang dipasangnya. Ia kemudian membawa pulang lumba-lumba dan akan dijual ke seseorang bernama Febri Dwi.

Rencananya, hewan ini akan dijual dengan harga Rp5.000 per kilogram dan akan dijadikan daging asap.

Sunar mengaku sudah mengetahui bahwa lumba-lumba termasuk hewan yang dilindungi. Namun ia berdalih, saat terjerat jaring, lumba-lumba itu sudah dalam keadaan mati.

Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia mengatakan, tersangka akan dijerat dengan Pasal 40 ayat 2 Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi SDA dan Ekosistemnya. Ancaman hukuman 5 tahun penjara sudah menanti tersangka di pengadilan nanti.

Aries Sutikno I Tulungagung, Jawa Timur


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments