youtube channel

Channels

Perubahan Sistem Pembayaran Tol, Masyarakat Takutkan Antrian di Ciawi

Perubahan Sistem Pembayaran Tol, Masyarakat Takutkan Antrian di Ciawi

Perubahan Sistem Pembayaran Tol, Masyarakat Takutkan Antrian di Ciawi

antvklik.com - - PT Jasa Marga selaku pengelola jalan tol Jagorawi akan melakukan perubahan sistem pembayaran tol menjadi pembayaran tunggal mulai 8 September 2017 nanti , namun masih banyak para pengguna jalan tol Jagorawi, yang masih belum mengetahui adanya rencana penerapan sistem baru pembayaran transaksi jalan tol ini. Mereka berharap, pihak Badan Pengatur Jalan Tol, bersama dengan Jasa Marga, lebih memperhatikan kesiapan gerbang tol Ciawi, agar tidak terjadi penumpukan kendaraan lebih panjang.

Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT akan segera merubah sistem transaksi di jalan tol. Perubahan sistem transaksi jalan tol menjadi tarif tol tunggal ini akan berlaku pada jalan tol yang menghubungkan Jakarta - Bogor - Ciawi, atau jalan tol Jagorawi.

Perubahan sistem pembayaran tol ini merupakan sistem transaksi terbuka. Rencananya, sistem baru ini mulai dipakai pada tanggal 8 September 2017 mendatang.

Kepada pengguna jalan tol dari arah Jakarta menuju Ciawi, nantinya akan membayar tarif tol di akses keluar atau off ramp. Sedangkan bagi pengguna jalan tol, dari arah Ciawi menuju Jakarta, akan membayar di akses masuk, atau on ramp. Semua ini akan dikenakan tarif merata pada setiap kali transaksi.

Berdasarkan keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, mengenai penetapan tarif dan perubahan sistem transaksi pembayaran tol Jagorawi besaran tarif tol dikenakan berbeda untuk setiap golongan, yakni Rp 6000 untuk golongan satu, Rp 9000 untuk golongan dua, Rp 13000 untuk golongan tiga, Rp 16000 untuk golongan empat, dan Rp 19000, untuk golongan lima.

Dengan diberlakukannya perubahan sistem transaksi ini, diharapkan para pengguna jalan tol Jagorawi, dapat mengefisiensikan waktu transaksi, sebab prosesnya lebih praktis.

Beberapa pengguna jalan tol Jagorawi masih belum mengetahui adanya perubahan sistem tarif tol ini. Para pengguna tol berharap agar BPJT dengan Jasa Marga harus mempersiapkan perubahan ini dengan baik, sehingga fasilitas penunjang sistem baru ini benar-benar dapat menghemat waktu tempuh bagi pengguna jalan tol Jagorawi.

Nantinya, Jasa Marga akan membongkar gerbang tol Cibubur utama, dengan gerbang tol Cimanggis utama sebagai bagian dari penerapan perubahan sistem transaksi di jalan tol Jagorawi. Sebab, kedua gerbang tol ini kerap membuat antrean cukup panjang.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments