youtube channel

Channels

Pertama Kalinya Uji Coba Vaksin Covid-19 Dilakukan di Afrika Selatan

Pertama Kalinya Uji Coba Vaksin Covid-19 Dilakukan di Afrika Selatan

Ilustrasi. Pertama Kalinya Uji Coba Vaksin Covid-19 Dilakukan di Afrika Selatan. (Foto:Unsplash/nci)

Uji coba vaksin Covid-19 mulai dilakukan di Afrika Selatan, untuk menangani pandemi virus yang masih mewabah hingga kini.

antvklik.com - Untuk pertama kalinya, Afrika Selatan akan melakukan uji coba vaksin Covid-19. Uji coba diharapkan dapat menjadi langkah penanganan virus corona yang berkembang dengan cepat di Afrika.

Seperti dilansir laman Anadolu Agency, uji coba vaksin akan dilakukan dalam waktu dekat minggu ini.

"Uji coba vaksin Ox1Cov-19 dipimpin oleh Wits University, bersama dengan University of Oxford dan Oxford Jenner Institute," kata para peneliti selama konferensi pers virtual di University of the Witwatersrand (Wits) di Johannesburg.

"Ini adalah momen penting bagi Afrika Selatan dan benua Afrika selama penanganan pandemi," kata Shabir Madhi, seorang guru besar di Universitas Wits sekaligus direktur Unit Penelitian Penyakit Menular di Dewan Riset Afrika Selatan (SAMRC) pada Selasa.

Peserta untuk uji coba Oxford 1 Covid-19 sudah diseleksi sejak pekan lalu. Hasil seleksi perserta gelombang pertama akan berpartisipasi dalam uji coba akhir minggu ini.

Adapun vaksin yang dipakai dalam uji coba ini sama dengan yang dipakai di Inggris dan Brasil.

Seperti dilaporkan situs independen, worldometer, (24/6/2020) , menunjukkan kasus Covid-19 di Afrika Selatan sebanyak 106.108. Jumlah ini menempatkan negara di ujung selatan benua itu jadi episentrum Covid-19 di Benua Afrika dan berada di peringkat ke-18 dunia.

Negara lain yang menyusul adalah Mesir 58.141, dan Nigeria 21.371. Beberapa negara lain di Afrika melaporkan kasus belasan ribu.

Beberapa kalangan melihat negara-negara di Afrika sudah terbiasa menghadapi epidemi dan pandemi, seperti HIV/AIDS dan Ebola. Memang, sampai awal Juni 2020 laporan kasus baru dari negara-negara di Afrika kecil tapi belakangan mulai menanjak.

Epidemi HIV/AIDS sendiri jadi beban besar bagi negara-negara di Afrika karena semua negara melaporkan kasus yang banyak. Dari 37,9 juga kasus HIV/AIDS global sebanyak 25,6 juta ada di Benua Afrika. Hanya karena bantuan donor-donor asing dan pesohor-pesohor dunia yang menyelamatkan benua itu dari ancaman epidemi HIV/AIDS.


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments