youtube channel

Channels

Pertama di Dunia, Australia Berhasil Tes Corona Terhadap 1 Persen Penduduknya

Pertama di Dunia, Australia Berhasil Tes Corona Terhadap 1 Persen Penduduknya

Opera House di Sydney, Australia (Foto: Reuters)

Australia menjadi negara pertama di dunia yang telah melakukan tes virus corona terhadap 1 persen dari jumlah penduduknya.

antvklik.com - Sejauh ini Australia sudah melakukan tes terhadap lebih dari 260 ribu warga, yang berarti satu persen dari jumlah penduduk Australia, yang saat ini berjumlah 26 juta jiwa.

Demikian dikatakan Perdana Menteri Australia Scott Morrison dalam jumpa pers, Kamis (2/4/2020).

"Australia sekarang mencapai taraf 1.000 tes per 100 ribu penduduk. Ini berarti 1 persen dari jumlah penduduk. Kita adalah negara pertama, sepengetahuan saya, yang mencapai taraf tersebut." kata PM Morrison.

Menurutnya, tes virus corona menjadi hal yang penting guna melacak mereka yang pernah melakukan interaksi dengan mereka yang positif.

Sejauh ini hanya Korea Selatan dan Amerika Serikat yang sudah melakukan tes yang paling banyak. Namun Australia masih lebih unggul dalam hal perbandingan jumlah tes dengan total penduduk.

Tingginya tingkat pengetesan membuat Australia sekarang mampu mencegah angka penularan yang tidak terkendali.

Menteri Kesehatan Australia, Greg Hunt mengatakan ada tanda-tanda jika Australia berhasil melandaikan kurva, atau flattening the curve.

"Dua minggu terjadi peningkatan 25-30 persen kasus baru setiap hari," kata Hunt.

"Kemudian angka itu turun ke belasan persen minggu lalu dan sekarang dalam beberapa hari angkanya turun dari 10 persen."

"Ini berarti kita sudah mulai melihat tanda-tanda yang nyata namun harus dilihat dengan hati-hati kurva yang melandai," katanya lagi.

Sejauh ini korban meninggal akibat virus corona di Australia meningkat menjadi 24 orang, setelah seorang perempuan berusia sekira 70 tahun, meninggal di Negara Bagian Queensland, Rabu malam lalu.

Di Negara Bagian Victoria, seorang perempuan berusia sekira 60 tahun meninggal pada Kamis sehingga menjadi orang keenam yang meninggal di negara bagian ini.

Secara keseluruhan, lebih dari 5 ribu kasus positif Covid-19 yang tercatat di Australia.

ABC Indonesia


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments