youtube channel

Channels

Oh, Begini Perbedaan Pemakaian Sunscreen dan Sunblock Untuk Kulit

Oh, Begini Perbedaan Pemakaian Sunscreen dan Sunblock Untuk Kulit

Oh, Begini Perbedaan Pemakaian Sunscreen dan Sunblock Untuk Kulit

antvklik.com - -Sunscreen dan Sunblock merupakan perawatan setiap wanita untuk menjaga kulit. Karena, setiap wanita perlu memahami pentingnya menjaga kulit dari paparan sinar matahari. Efek buruk sinar UVA dan UVB mungkin sudah sering kita dengar, dari efek buruk yang berdampak langsung seperti kulit yang terbakar, hingga efek jangka panjang seperti penuaan dini hingga kanker kulit.

Cara mencegah hal tersebut tentu saja dengan penggunaan sun protection. Sebutan yang sering didengar untuk produk yang melindungi kulit dari sinar matahari ini pasti tidak jauh-jauh dari sunscreen dan sunblock.

Berikut perbedaan pemakaian Sunblock dan Sunscreen pada kulit seperti dirangkum ANTV dikutip dari berbagai sumber :

Pemahaman Sunscreen dan Sunblock

Sunscreen di anggap hanya membuat lapisan (as a screen) untuk melindungi kulit dari sinar matahari; ada sinar matahari yang terserap dan ada juga yang tidak bisa diserap dalam kulit.
Sunblock dianggap mampu menghalangi (block) semua sinar matahari, UVA dan juga UVB.

Kandungan Yang Membedakan Sunscreen dan Sunblock

Sunscreen umumnya dibagi menjadi dua jenis, yaitu chemical dan physical. Chemical sunscreen mampu menyerap sinar matahari. Sedangkan physical sunscreen bekerja dengan menghalangi sinar matahari. Yang terakhir ini yang juga sering disebut sebagai sunblock.

Chemical sunscreen memiliki kandungan seperti Aminobenzoic acid, Avobenzone, Cinoxate, Dioxybenzone serta berbagai kandungan lainnya.

Beda lagi dengan physical sunscreen yang memanfaatkan kandungan titanium dan zinc sebagai UV Filter. Jadi cara mudah membedakan sunblock dan sunscreen bisa dilihat dari kandungan produknya, jika tidak menyertakan titanium dan zinc maka produk tersebut merupakan chemical sunscreen.

Cara Kerja Pemakaian Sunscreen dan Sunblock

Chemical sunscreen bekerja dengan cara memfilter dan menyerap sinar UV lalu mengubahnya menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui kulit.

Sedangkan physical sunscreen berfungsi menghalau sinar UVA dan UVB masuk ke dalam kulit dengan melakukan perlindungan di atas permukaan kulit.

Perbedaan cara kerja inilah yang menyebabkan chemical sunscreen harus diaplikasikan 20 menit sebelum Anda berada di bawah sinar matahari, karena kandungannya membutuhkan waktu untuk menyerap ke dalam kulit.

Berbeda dengan sunblock atau physical sunscreen yang bisa langsung bekerja sesaat setelah diaplikasikan pada kulit. (MN)


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments