youtube channel

Channels

Penyelundupan Ribuan Ekor Burung ke Bogor Digagalkan Petugas

Penyelundupan Ribuan Ekor Burung ke Bogor Digagalkan Petugas

Petugas gagalkan upaya penyelundupan ribuan ekor burung ke Bogor (Foto: ANTV/Pujiansyah)

Penyelundupan ribuan ekor burung asal Pekanbaru, Riau berhasil digagalkan petugas karantina dan Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni.

antvklik.com - Berawal dari informasi adanya penyelundupan satwa lintas provinsi, jajaran KSKP Bakauheni beserta Balai Karantina Pertanian Bakauheni, menggeledah sebuah minibus yang sebelumnya dicurigai mengangkut ribuan satwa selundupan.

Hasilnya, dari dalam kendaraan petugas menemukan puluhan keranjang yang berisi ribuan ekor burung berbagai macam jenis. Petugas karantina dan KSKP kemudian membawa sopir dan kendaraannya ke kantor KSKP Bakauheni.

Dari pengakuan sopir, ribuan ekor burung tersebut berasal dari Pekanbaru, Riau yang hendak diselundupkan ke Bogor, Jawa Barat.

Kanit Reskrim Polsek KSKP Bakauheni, Ipda Mustholih mengatakan jumlah burung yang dibawa berjumlah 3.092 ekor. Dan ribuan ekor burung tersebut tidak dilengkapi dengan dokumen-dokumen yang sah baik itu surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) maupun izin angkut satwa dan tumbuhan dalam negeri.

Ribuan ekor burung yang diamankan rencananya akan diselundupkan ke Bogor (Foto: ANTV/Pujiansyah)

Jenis burung yang diamankan diantaranya Ciblek, Prenjak, Pleci, Cucak Keling, Kolibri, Srindit, Cucak Ijo, Jalak Kebo dan Punai. Untuk proses pemeriksaan lanjutan petugas KSKP menyerahkan ribuan ekor burung tersebut ke petugas karantina dan nantinya ribuan ekor burung yang diamankan akan dilepas ke habitatnya.

Pujiansyah, Eman | Lampung


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments