youtube channel

Channels

Jelang HUT 73 RI, Pengrajin Bendera Di Tulungagung Kebanjiran Order

Jelang HUT 73 RI, Pengrajin Bendera Di Tulungagung Kebanjiran Order

Jelang HUT 73 RI, Pengrajin Bendera Di Tulungagung Kebanjiran Order

antvklik.com - - Pengrajin bendera di Kabupaten Tulungagung kewalahan melayani banyaknya permintaan umbul-umbul dan bendera merah putih menjelang perayaan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Selama sebulan terakhir, pelaku usaha industri konveksi di Tulungagung menyatakan sebagian permintaan umbul-umbul terpaksa ditolaknya dan memilih melayani satu grosir saja karena kemampuan produksinya terbatas.

Tingginya permintaan bendera juga dipengaruhi sulitnya mencari kain bendera, bahkan kain peles untuk bendera maupun umbul-umbul di toko memiliki harga yang melambung.

Jika sebelumnya harga kain peles bendera dan umbul-umbul seharga Rp4.000 per 90 cm, menjelang HUT Indonesia menjadi Rp7.000 dengan ukuran yang sama.

Banyaknya permintaan dari pengrajin sejak juni-juli menyebabkan toko grosir kain membagi suplai agar semua pengusaha konveksi yang dua bulan fokus memproduksi bendera dan umbul-umbul kebagian. Sebulan terakhir, ia hanya melayani permintaan umbul-umbul dan bendera antara 100-300 potong.

Harga bendera dan diproduksi pun cukup bervariasi disesuaikan dengan ukurannya. Untuk bendera dengan ukuran kecil antara 60x70 cm yang dipatok seharga Rp10.000.

Sedangkan bendera dengan ukuran besar yaitu 180x270 cm yang digunakan di lapangan dihargai dengan Rp130.000.

Laporan Aries Sutikno dari Tulungagung, Jawa Timur


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments