youtube channel

Channels

Pemprov Jatim Izinkan Masjid Gelar Salat Ied, Tapi...

Pemprov Jatim Izinkan Masjid Gelar Salat Ied, Tapi...

Jelang salat berjamaah di sebuah masjid di Surabaya, Jawa Timur beberapa waktu lalu (ANTV/Syamsul Huda)

Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) akhirnya mengizinkan masjid untuk gelar salat Ied. Namun pelaksanaan salat ied, ada syarat-syaratnya.

antvklik.com - Setelah menerima surat edaran dari Majelis Ulama (MUI) Jatim yang meminta pemerintah daerah mengaktifkan kembail masjid dan musala, Pemprov Jatim akhirnya mengizinkan masjid gelar salat Ied.

Dalam surat yang dikeluarkan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur tercantum Masjid Nasional Al Akbar Surabaya diperbolehkan menggelar salat Ied.

Namun izin yang diberikan harus diserta dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Antara lain, shaf atau baris antar jemaah diberi jarak 1,5-2 meter, khotbah dipercepat, serta masuk keluar masjid lewat pemeriksaan kesehatan.

Sekretaris Daerah Jatim Heru Tjahjono mengakan, kelonggaran pelaksanaan salat Ied merupakan tindak lanjut dari masukan tokoh agama dan surat edaran dari MUI.

Pemprov Jatim juga meminta kepada masjid atau musala yang menggelar salat Ied untuk menyediakan tempat cuci tangan dengan air mengalir.

Lantaran ini bersifat imbauan, Pemprov Jatim menyerahkan kebijakan soal salat Ied, kepada kepada kabupaten/kota masing-masing.

Syamsul Huda I Surabaya, Jawa Timur


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments