youtube channel

Channels

Pembangunan Flyover Pancoran Makin Macet

Pembangunan Flyover Pancoran Makin Macet

Pembangunan Flyover Pancoran Makin Macet

antvklik.com - www.antvklik.com- Warga Jakarta yang akan rutin melalui jalur Cawang-Semanggi harus bersabar selama setahun ini. Pasalnya, pembangunan flyover Pancoran Jakarta Selatan membuat arus lalu lintas dari arah Cawang menuju Semanggi kian macet. Pengendara jalan yang melintas di Jalan Gatot Subroto menuju Semanggi, tepatnya di samping pembangunan flyover Pancoran, Jakarta Selatan mengeluhkan lalu lintas yang kian macet parah. Pembangunan flyover Pancoran ini diperkirakan baru akan selesai Desember 2017.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Bina Marga saat ini sedang mengerjakan proyek pembangunan flyover Pancoran, Jakarta Selatan sepanjang 740 meter. Proyek yang menghabiskan dana sekitar Rp 156 miliar ini sedang memasuki tahap detail engineering desain.

Pembangunan yang ditargetkan selesai pada Desember 2017 ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan kendaraan dari arah cawang menuju semanggi yang seringkali tertahan di lampu merah Simpang Pancoran. Namun proses pembangunan flyover pancoran membuat lalu lintas kendaraan kian bertambah macet , terutama memasuki jam sibuk.

Menurut informasi petugas di lapangan, berbagai cara telah dilakukan untuk mengurai kemacetan pada saat pengerjaan proyek, diantaranya penerapan contra flow di jalan tol melebarkan trotoar, hingga pencopotan pembatas jalur busway.

Namun upaya tersebut tidak cukup untuk menekan tingkat kemecetan di sekitar Pancoran. Kemacetan juga terjadi karenakan pengurangan jalur kendaraan yang semula tiga jalur menjadi satu jalur saja.

Meski petugas memasang spanduk imbauan untuk mencari jalan alternatif, namun karena jalur uni merupakan jalur utama menuju Semanggi, maka kemecetan parah tak bisa dihindarkan.

Dinas Bina Marga DKI Jakarta, dalam minggu ini akan melebarkan jalan selebar 4 meter dengan panjang 200 meter di depan Markas Besar Angkatan Udara (MBAU) bersama PT Nindya Karya (NK) selaku kontraktor proyek. Saat ini PT Nindya Karya tengah mengebor pondasi tiang pancang di pear 6 dan pear 7 sehingga jalan menyempit dan tersisa 1 jalur. Namun setelah proyek tuntas, trotoar akan kembali difungsikan. Dengan pelebaran jalan itu, diharapkan dapat mengurangi kemacetan arus kendaraan dari Pasar Minggu ke Semanggi.

Demikian laporan Erlang Purbaya dari Jakarta.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments