youtube channel

Channels

Pak Dul Pemijat Hewan

Pak Dul Pemijat Hewan

Pak Dul Pemijat Hewan

antvklik.com - - Badan pegel-pegel, setelah bekerja keras atau olahraga biasanya jadi nyaman kalau kita pergi ke tukang pijat. Itu pula yang mungkin dirasakan hewan-hewan setelah bekerja keras. Peluang membuat hewan fit kembali itulah yang ditangkap oleh Pak Dul, seorang pemijat hewan di Bantul Yogjakarta. Nah, dengan dipijat, sapi-sapi yang tadinya sakit, nggak bisa berjalan, masuk angin, bisa sehat kembali seperti sedia kala.

Pak Dul memulai ritual menyembuhkan sapi dengan didoakan terlebih dahulu. Dari situ, bisa diketahui penyebab penyakitnya. Tangan Pak Dul mulai menjelajah bagian tungkai kanan belakang lalu kemudian ke seluruh tubuh sapi untuk mencari letak sakitnya. Terkadang pemijatan bisa membuat sapi-sapi melenguh keras dan tubuhnya mengejang karena kesakitan. Berkat pijatan yang dilakukan oleh Pak Dul, sapi-sapi yang tadinya berjalan tertatih, bisa kembali normal lagi. Namun, mereka belum diperbolehkan untuk kembali bekerja.

“Jadi pak dul jadi penolong pemijat hewan ilmunya turun dari orang tua, bapak saya. Bapak saya turun dari nenek saya. Sejak kelas dua Sekolah Rakyat tahun 56 -57 kalau hari libur saya diajak bapak saya, “cerita Abdul Rahman alias Pak Dul.” Lantas setelah tahun 83, ayah saya meninggal. Nah sejak tahun 83 saya mulai ngerjain kerjaan orang tua, jadi penolong..”

Meski sudah puluhan tahun menjalani profesi ini. Namun Pak Dul tak pernah berniat meninggalkan kegiatannya ini. Baginya, menolong hewan-hewan yang sakit merupakan bagian dari kebahagiannya.“Yaa itu kalau pak dul dimintain tolong sama orang untuk mijit hewan, jauh dekat, naik turun jalannya pak dul berangkat. Karena sudah lahir batin pak dul sanggup jadi penolong. Itu ilmu ilmu dari orang tua sudah diserahkan pada saya.”

Tukang pijit hewan bisa jadi merupakan sebuah profesi yang unik dan langka, tidak hanya di Indonesia namun bahkan di dunia. Sama seperti manusia, hewan seperti sapi misalnya juga dapat mengalami kelelahan akibat aktifitas tertentu dan juga cedera. Pijat dipercaya dapat menyembuhakan beberapa penyakit, melancarkan peredaran darah dan merilekskan otot2 dan sendi pada manusia, dan juga pada sapi tentunya.

Setelah sapi dipijat, ramuan yang terbuat dari jahe, cabe rawit dan spritus dioleskan ke badan sapi. “Pemijatan hewan itu kalau belum sakit beneran,paling nggak cuma setengah jam atau sperempat j sudah selesai, soalnya tinggal dicari otot yang dibenarkan.. Lama kalau sakitnya udah lama.Bisa berkali kali kalau sakitnya parah.”

Berapa bayaran Pak Dul sekali memijat hewan? Ternyata Pak Dul tak menentukan ongkosnya. Baginya sapi yang dipijatnya sembuh sudah membahagiakannya. Namun biasanya sang pemilik sapi memberikan imbalan seikhlasnya.

Puluhan tahun Pak Dul menjalankan profesi ini. Dari kegiatannya ini ia bisa membiayai anak-anaknya menyelesaikan studinya sampai perguruan tinggi.

Dari Jakarta Aishah Gray dan Benny Cahyadi untuk Indonesia Keren.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments