youtube channel

Channels

Pagelaran Seni MAKARYA Potensi Kreatif Masyarakat

Pagelaran Seni MAKARYA Potensi Kreatif Masyarakat

Pagelaran Seni MAKARYA Potensi Kreatif Masyarakat

www.antvklik.com - Guna melestarikan seni dan budaya bangsa, masyarakat di kaki Raung, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur menggelar MAKARYA atau Masyarakat Kaki Raung Berkarya. Pagelaran yang kali pertama diadakan ini menyajikan berbagai potensi kesenian, budaya dan kreativitas masyarakat Sembilan desa di kecamatan songgon, yang dilakukan secara bergotong royong tanpa upah dan tidak mengharapkan keuntungan. Tidak heran selain banyak wisatawan lokal, acara tersebut menarik wisatawan mancanegara.

Warga Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa timur merubah tebing bebatuan di lereng selatan Gunung Raung menjadi panggung unik, artistic, namun tanpa menghilangkan kesan alaminya. Inilah panggung seni dan budaya Makarya atau Masyarakat Kaki Raung Berkarya, yang menyajikan berbagai kesenian dan budaya warga kaki Gunung Raung. Tak hanya seni traditional, musik kontemporer yang memanfatkan bahan alam seperti bambu dan kayu sebagai alat musiknya juga ditampilkan dalam pagelaran seni Makarya yang melibatkan para seniman setempat, luar daerah, hingga seniman mancanegara seperti Amerika, Jepang, Spanyol, Cina, dan beberapa negara lain.

Makarya yang baru pertama kali digelar ini memang sengaja diperuntukan untuk mengenalkan potensi kaki Gunung Raung kepada dunia Pariwisata Indonesia. Selain itu, Makarya ini memang sebagai salah satu upaya untuk membangun kebersamaan warga kaki Gunung raung dengan cara bergotong royong atau bersinergi untuk membangun desa tanpa berharap upah. Selain mampu menarik perhatian wisatawan Indonesia, panggung seni Makarya yang berlatar tebing dan hutan pinus ini juga mampu menarik perhatian wisatawan mancanegara.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments