youtube channel

Channels

Begini Padatnya Jemaah Haji Saat Melempar Jumrah Aqabah

Begini Padatnya Jemaah Haji Saat Melempar Jumrah Aqabah

Jemaah bergerak menuju Jumrah Aqabah (Foto: Istimewa)

Setelah melakukan wukuf di Padang Arafah dan mengumpulkan batu di Muzdalifah, para jemaah haji melempar jumrah di Mina. Dan berikut suasana bagaimana padatnya jemaah haji saat melempar Jumrah Aqabah.

antvklik.com - - Para jemaah haji, termasul dari Indonesia melakukan Jumrah Aqabah di Jamarat, Mina, Arab Saudi, Minggu (11/8/2019) siang waktu setempat.

Para jemaah berduyun-duyun datang melempar Jumrah Aqabah dari maktab masing-masing di Mina.

Jalanan dipenuhi jemaah yang akan melempar jumrah (Foto: Istimewa)

Jumrah Aqabah adalah jumrah terdekat ke arah Mekkah. Selain itu juga terdapat Jumrah Ula yang terdekat ke Masjid Khaid dan Jumrah Wustha yang berada di antara Jumrah Ula dan Aqabah.

Jemaah menggunakan eskalator saat akan melempar jumrah (Foto: Istimewa)

Salah seorang jemaah haji khusus asal Jakarta bernama Usman mengatakan, jarak maktabnya dengan Jumrah Aqabah sekira 4 km pulang pergi. Ia sendiri berangkat dari maktab sekira pukul 9 pagi. Namun ada juga jarak maktab yang berjarak hingga 8 km pulang pergi dari Jumrah Aqabah.

Jalanan dipisahkan dengan separator (Foto: Istimewa)

Guna mencegah terjadinya penumpukan jemaah, Pemerintah Arab Saudi telah mengatur waktu melempar jumrah. Untuk jemaah Indonesia, larangan melempar jumrah pada 10 Dzulhijjah ditetapkan pukul 04.00 sampai dengan 10.00 pagi waktu setempat.

Tahun ini ada 2,5 juta jemaah yang menunaikan ibadah haji. Sebanyak 230.000 jemaah di antara mereka berasal dari Indonesia.


icon featured

Popular

icon featured

Comments