youtube channel

Channels

"Orator" Rangkap Pengemis Berpenghasilan Rp. 500-750 Ribu/Hari

"Orator" Rangkap Pengemis Berpenghasilan Rp. 500-750 Ribu/Hari

orator

antvklik.com - - Orator merangkap pengemis ditangkap Petugas Pelayanan Pengawasan dan Pengendalian Sosial (PPPS) Suku Dinas Sosial, Jakarta Barat. Rizki, si Orator atau pembaca orasi di bis jurusan Jakarta - Merak merangkap pengemis, kembali ditangkap petugas dinas sosial untuk ke-7 kalinya.

Rizki ditangkap saat sedang mengemis dengan tangan berpura pura buntung di jembatan penyeberangan orang, Tomang, Jakarta Barat. Dia mengelabui masyarakat yang melintas dengan menyembunyikan kedua tangannya dibalik baju yang dipakainya. Sehingga orang kasihan terhadapnya dan memberinya uang.

Rizki berdalih, mengemis dengan mengelabui orang berpura pura buntunglah, dia baru bisa mendapatkan uang. Dan sudah dilakoni lebih dari 1 bulan. Penghasilan dari mengemis, dia bisa mendapatkan uang sebesar Rp. 70.000 - 100.000, selama 2 jam. Dari pukul 17.00 - 19.00 wib.

"Hidup di Jakarta keras pa, kalo ngga pake cara begitu, ngga bakalan bisa dapet duit", ucap Rizki

Sebelum mengemis, Rizki biasanya menjadi orator terlebih dahulu. Berorasi dengan narasi buatan sendiri, di bis umum jurusan Jakarta - Merak. Dan penghasilannya pun cukup mencengangkan, minimal Rp. 500.000/perhari, bisa dia kumpulkan.

"Kalo digabungin sama yang orasi mah lebih, sehari bisa dapet gope - 600 ribu", ucap Rizki.

Karena inilah yang membuat Rizki kembali lagi kejalanan untuk mengemis dan orasi.

Rizki ditangkap dengan tangan di dalam bajuRizki ditangkap dengan tangan di dalam baju

Rizki ditangkap dengan tangan terbukaRizki ditangkap dengan tangan terbuka

Saat ini Rizki ditempatkan di Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 1 , Kedoya, Jakarta Barat, untuk kembali menjalani pembinaan. Fokus 1 program yang dia inginkan.

Kepala Panti Sosial Masyudi, menghimbau kepada seluruh masyarakat, agar tidak mudah kasihan kepada para pengemis yang kebanyakan berpura pura sakit atau cacat. Seperti yang dilakukan oleh Rizki, yang berpura pura buntung kedua tangannya.

Ong Suhirman, Jakarta


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments