youtube channel

Channels

Nikmatnya Rempah Ikan Gabus Bumbu Kluwak Dan Nasi Jagung

Nikmatnya Rempah Ikan Gabus Bumbu Kluwak Dan Nasi Jagung

ikan gabus bumbu

antvklik.com - - Sebuah menu masakan unik tersedia di sebuah warung di Desa Tembi Bantul Yogyakarta. Yakni ikan gabus bumbu kluwak atau orang Jawa menyebut kutuk kluwak. Kutuk adalah nama ikan gabus dalam bahasa jawa. Kutuk kluwak ini rasa rempah-rempahnya sangat terasa ditambah rasa gurih daging ikan gabus. Inilah ikan gabus bumbu kluwak yang berwarna kecoklatan khas kluwak. Menu masakan ini hanya ada di sebuah warung di desa Tembi Sewon Bantul Yogyakarta yang khusus menyediakan aneka masakan ikan gabus.

Proses masak ikan gabus bumbu kluwak atau kutuk kluwak cukup sederhana meski bumbunya cukup beragam. Bumbu menu masakan ikan gabus bumbu kluwak diantaranya bawang merah, bawang putih, cabe, ketumbar, merica, sereh, kluwak dan aneka rempah lainnya. Ikan gabus yang mkasih utuh di potong - potong menjadi beberapa bagian. Kemudian sejumlah bumbu seperti ketumbar, merica, bawang merah, bawang putih di haluskan. Bumbu yang sudah dihaluskan tersebut kemudian dicampur dengan potongan ikan gabus dan diaduk. Ikan gabus yang sudah diberi bumbu digoreng hingga matang dan ditiriskan.

Proses selanjutntya, adalah sereh dan bumbu kluwak ditumis hingga harum. tambahkan sedikit garam dan gula pasir serta bumbu penyedap lainnya dan diberi sedikit air untuk kuah. Setelah kuah mendidih, potongan ikan gabus yang sudah digoreng dimasukkan dan dimasak hingga matang, dan inilah ikan gabus bumbu kluwak atau orang jawa menyebut kutuk kluwak. Ikan gabus bumbu kluwak ini menjadi sajian yang lain daripada yang lain karena disajikan dengan nasi jagung dan urapan atau gudangan dalam istilah Jawanya. Nah inilah ikan gabus bumbu kluwak dengan nasi jagung.

Dita Yulianti, salah satu pembeli ikan gabus bumbu kluwak mengatakan, rasa rempah dan kluwaknya dalam daging ikan gabus sangat terasa. sehingga membuat rasa gurih ikan gabus bercampur dengan rasa rempah dan kluwak. Sementara itu Dimas Merdeka, pengelola warung mengatakan, pihaknya sengaja membuat menu yang unik tetapi tidak meninggalkan menu tradisional, maka dibuatlah ikan gabus dengan bumbu kluwak.

Selain itu bahan baku ikan gabus di wilayah Desa Tembi cukup banyak sehingga pihaknya menyediakan masakan serba ikan gabus. Untuk menikmati ikan gabus bumbu kluwak di sebuah warung di Desa Tembi Sewon Bantul Yogyakarta ini anda cukup merogoh kocek 40 ribu rupiah per porsi. Jika anda di Yogyakarta bisa mencoba menu masakan unik dengan sensasi rasa rempah dan kluwak.

Indira Maya, Laporan Dari Santosa Suparman Dari Bantul Yogyakarta.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments