youtube channel

Channels

Museum Sandi Yogyakarta, Pertama Di Dunia

Museum Sandi Yogyakarta, Pertama Di Dunia

Museum Sandi Yogyakarta, Pertama Di Dunia

antvklik.com - - Mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa, Museum Sandi Yogyakarta, merupakan museum pertama dan satu-satunya di dunia. Museum ini berisi koleksi benda-benda dan peralatan, untuk mengirimkan pesan rahasia sekaligus rekaman sejarah persandian di Indonesia dan bahkan dunia.

Keberadaan Museum Sandi di Yogyakarta, memiliki kaitan erat dengan sejarah berdirinya divisi intelijen atau persandian di republik ini. Adalah proklamasi 17 Agustus 1945, yang menjadi tonggak pentingnya. Pada masa itu, dibalik perjuangan militer maupun diplomatik, ada kisah para sandiawan atau pejuang yang bertugas memberi informasi rahasia negara. Pada tanggal 4 April 1946, di Kota baru Yogyakarta, Menteri Pertahanan Indonesia Amir Sjarifoeddin, memberi perintah lisan kepada seorang dokter bernama Roebiono, untuk membentuk Badan Pemberitaan Rahasia yang disebut dengan dinas code. Hingga kini, tanggal 4 April ditetapkan sebagai hari persandian Republik Indonesia, dan Dokter Roebiono Kertopati ditetapkan sebagai bapak persandian Indonesia.

Museum Sandi Yogyakarta ini, menjadi saksi sejarah untuk mengenang jasa para pahlawan, terutama di dunia persandian, dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Koleksi-koleksi di museum sandi diantaranya sarana pemancar radio Telegrafi saat awal kelahiran dinas code yang merupakan awal persandian tanah air. Pengunjung juga bisa mendapatkan informasi terkait operasional dinas code. Selain mesin pengirim sandi, di tempat ini juga disimpan dokumen sandi, gambar diorama, sepeda onthel yang digunakan kurir untuk menyampaikan pesan, serta koleksi sandi-sandi dari berbagai belahan dunia, dari masa ke masa. Museum Sandi Yogyakarta, buka dari Senin hingga Jumat mulai pukul depalan pagi. Untuk menikmati sekaligus belajar di museum ini, pengunjung tidak dipungut biaya, alias gratis.

Laporan Nuryanto dari Yogyakarta


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments