youtube channel

Channels

Mundur dari Kerajaan, Untuk Pertama Kali Pangeran Harry Angkat Bicara

Mundur dari Kerajaan, Untuk Pertama Kali Pangeran Harry Angkat Bicara

Pangeran Harry dan Meghan Markle (Foto: Reuters)

Setelah mundur dari anggota senior keluarga Kerajaan Inggris, untuk pertama kalinya Pangeran Harry angkat bicara di depan publik. Harry mengekspresikan pengunduran diri ini sebagai tidak ada pilihan.

antvklik.com - Pangeran Harry untuk pertama kalinya berpidato pasca pengunduran dirinya dan sang istri, Meghan Markle dari anggota senior keluarga Kerajaan Inggris.

Dalam sebuah acara amal di London, Inggris, Minggu (20/1/2020) malam waktu setempat, Pangeran Harry mengungkapkan kesedihannya atas pengunduran diri ini, meski disebutkan tidak ada yang berubah.

""Keputusan yang saya buat untuk saya dan istri saya untuk mundur bukanlah keputusan yang saya buat dengan enteng. Setelah berbulan-bulan pembicaraan, setelah bertahun-tahun menghadapi tantangan, dan saya tahu saya tidak selalu menghadapinya dengan benar, tetapi sejauh ini benar-benar tidak ada pilihan lain," kata Harry.

Harry berharap akan terus melayani Ratu, persemakmuran dan asosiasi militer, namun tanpa dana publik. Tapi sayangnya, hal itu tidaklah mungkin.

Dalam kesepakatan yang dicapai Sabtu (18/1/2020), Harry dan Meghan akan membayar kembali uang 2,4 juta poundsterling atau setara Rp42,5 miliar dari pajak warga Inggris, untuk renovasi rumah mereka di Frogmore Cottage, Berkshire.

Keduanya juga setuju untuk tidak secara resmi mewakili kerajaan dan berhenti menggunakan gelar "Yang Mulia" dan menarik diri dari tugas kerajaan, termasuk pertemuan militer resmi.

"Saya menerima ini, dengan mengetahui bahwa itu tidak mengubah siapa saya atau seberapa berkomitmennya saya," kata Harry.

Ia juga menyebut meminta masyarakat dapat memahami keputusan ini, dengan demikian ia dan istrinya dapat hidup lebih tenteram lagi.

Pidato pertama pasca pengunduran diri dari keluarga Kerajaan Inggris, kemudian dibagikan Harry di akun Instagramnya.

Dalam pidatonya, sang pangeran juga menyebut akan selalu menghormati neneknya dan seluruh anggota keluarga kerajaan atas dukungan yang diberikan terhadap diri dan istrinya dalam beberapa bulan terakhir ini.
BBC Indonesia, CNN


icon featured

Popular

icon featured

Comments