youtube channel

Channels

Menkeu Pastikan Dana Asian Games Bisa Dipertanggungjawabkan

Menkeu Pastikan Dana Asian Games Bisa Dipertanggungjawabkan

Menkeu Cek Kesiapan Bandara Soekarno Hatta Jelang Asian Games 2018

antvklik.com - - Menteri Keungan, Sri Mulyani bersama Ketua INASGOC, Erick Thohir meninjau kesiapan Bandara Soekarno Hatta menjelang pesta olahraga Asian Games 2018.

Keduanya tiba di Bandara, sekitar pukul 07.30 WIB, Senin (13/08/2018). Selanjutnya, keduanya melakukan pengecekan kesiapan penyelenggaraan Asian Games di terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tanggaerang, Banten.

Menkeu Pastikan Dana Asian Games Bisa DipertanggungjawabkanMenteri Keungan, Sri Mulyani dan Ketua INASGOC, Erick Thohir

Pengecekan tersebut dilakukan mengingat anggaran yang di gelontorkan oleh pihak Kementerian Keuangan mencapai 8,7 Triliun Rupiah, guna mensukseskan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

Menurut ketua INASGOC, Erick Thohir dalam penyelenggaraan Asian Games ini pihaknya mengajukan pinjaman sebesar 8,7 Triliun rupiah tanpa bunga. Untuk perhitungan sponsor sebesar 300 milyar namun hingga saat ini pihak INASGOC sudah mencapai 800 milyar. Dari total keseluruhan pihaknya masih mendapatkan efisiensi sebesar 3 triliun.

"Kita mengajukan 8,7 triliun itu tanpa bunga, dan perhitungan sponsor 300 milyar. Alhamdulillah, sampai hari ini, on track itu apa yang kita dapatkan, total anggaran 7,2 triliun. Tapi itu sudah termasuk pajak 1 triliun, alhamdulillah juga sponsor yang tadinya 300 milyar, sekarang kita di 850-an miliyar" kata ketua INASGOC, Erick Thohir, di Bandara Soekarno Hatta, Senin (13/8).

Bagi Sri Mulyani, pihak INASGOC sendiri telah meminta dukungan penuh dalam pengurusan anggaran dan dokumen yang baik.

"Dalam rangga penyelenggaraan, terutama dari sisi aspek pendanaan beliau (Erick Thohir) meminta dukungan penuh dalam bentuk sistem bagaimana mengurus anggaran, memproses anggaran, dokumen yang baik," ungkap Sri Mulyani.

Menkeu Pastikan Dana Asian Games Bisa DipertanggungjawabkanMenkeu Pastikan Dana Asian Games Bisa Dipertanggungjawabkan

Menkeu juga menambahkan dalam penggunaan dana Asian Games sendiri, pihak INASGOC juga meminta bantuan kepada LKPP, BPKP dan juga Kejaksaan.

"Dan juga dalam penggunaan anggarannya, Pak Erick meminta bantuan seperti LKPP BPKP dan kejaksaan. Itu adalah suatu niat dari INASGOC untuk transparan kepada publik karena ini adalah dana publik yang harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat." tambahnya.

Selain itu, pihak Kementerian Keuangan telah menerima keuntungan pajak senilai 1 triliun lebih dan pakak bea masuk mencapai 400 milyar.

"Tentu saja dari pengeluaran ini terdapat penerimaan perpajakan. Penerimaan pajak lebih dari 1 triliun dan dari sisi bea masuk yang sekarang ini barang-barang yang masuk sudah lebih 397 milyar" kata Menkeu.

Laporan Rusdy Muslim dari Tanggerang, Banten


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments