youtube channel

Channels

Menjadi Orangtua Bijak Semenjak Bayi Masih dalam Kandungan

Menjadi Orangtua Bijak Semenjak Bayi Masih dalam Kandungan

Menjadi Orangtua Bijak Semenjak Bayi Masih dalam Kandungan

antvklik.com - - Anda baru saja menikah namun tak lama langsung dikaruniai buah hati? Bersyukur tentu iya, tapi ternyata ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan bahkan saat bayi masih di dalam kandungan. Wah, tapi masa bulan madu belum usai. Anda dan pasangan masih menikmati masa-masa kebebasan berdua. Duh, kira-kira siap belum ya? Mau tak mau, tentu Anda dan pasangan harus segera menyiapkan diri. Anda dan pasangan harus menjadi orangtua bijak saat bayi maish dalam kandungan.

Kira-kira mengapa Anda harus mulai merubah sikap dan pola pikir bahkan saat bayi masih di dalam kandungan? Saat di dalam kandungan pun bayi telah memiliki ikatan emosional dengan orang tuanya, terutama ibu. Bukan berarti tak ada ikatan yang terjalin dengan sang ayah, namun prosentasenya tentu berbeda. Dari dalam kandungan, bayi telah mengenali bagaimana orang tuanya berbicara, yang terdengar dari nada suara dan emosi yang tertangkap. Karena itu, tentu adalah hal yang bijak jika Anda mulai berpikir dan bersikap yang lebih tertata. Pola pikir dan sikap anak adalah merupakan duplikasi dari orang tuanya atau yang ada di sekitarnya.


ANTVLovers lalu bagaimana sih bersikap sebagai orang tua itu? Ini dia beberapa panduan yang bisa Anda terapkan sebagai calon orang tua yang baik.

Yang pertama, sebagai makhluk beragama, biasakan beribadah secara rutin. Bayi Anda juga akan terbentuk menjadi pribadi yang relijius jika orang tuanya sejak dia di kandungan telah sering menyebut nama Tuhan. Ajarkan untuk bersyukur atas apa yang didapatkan atau dialami hari ini, dan ajarkan juga untuk selalu memohon ampun pada Tuhan atas kekeliruan yang dilakukan. Ini akan membantu buah hati Anda untuk selalu ingat pada Tuhan dan menjaga dari perbuatan yang melanggar agama.

Menjadi Orangtua Bijak, Hindari Kata-Kata Kasar

Hindari menggunakan kata-kata kasar atau mengumpat. Kebiasan yang mungkin masih ada saat Anda hanya berdua, harus mulai dihilangkan tidak sekedar dikurangi. Bayi di dalam kandungan telah dapat menangkap emosi yang kita rasakan. Saat kita marah, saat kita sedih atau bahagia, bayi bisa merasakannya.

Seorang isteri harus hormat pada suaminya. Jika selama ini Anda masih bersikap layaknya teman dengan pasangan Anda, mulailah merubahnya. Untuk Anda yang wanita, mulailah tunjukkan rasa hormat pada suami Anda pada hal-hal tertentu misalnya dalam pengambilan keputusan. Bagi Anda kaum pria, bersikaplah yang lembut dan halus pada isteri Anda.

Dengan pembiasaan ini, saat bayi Anda telah lahir dan telah tumbus besar, dia akan memahami bahwa Ayah adalah pemimpin keluarga dan bahwa dia harus hormat kepada kedua orang tuanya. Dia juga akan memahami bagaimana bersikap terhadap ibunya dan juga wanita-wanita yang lain yang memiliki perasaan lembut dan halus.


Menjadi Orangtua Bijak

Ajak bayi Anda berbicara terutama malam hari menjelang Anda tidur. Ini akan membiasakan dia agar terbuka pada kedua orang tuanya. Sepertinya hal yang sepele, namun imbasnya akan sangat besar. Bayangkan bagaimana saat ini di media massa dikabarkan terjadi kenakalan remaja yang telah pada tingkat kriminalitas. Ini semua bisa dicegah jika dalam keluarga ada keterbukaan antar sesama anggota keluarga.

Nah, dengan menerapkan beberapa panduan tadi, keluarga yang bahagia sejahtera dan hangat akan sangat mungkin terwujud. Syaratnya tentu harus ada komitmen antara Anda dan pasangan Anda. Jadi, selamat untuk Anda yang segera akan memiliki buah hati, dan jangan tunggu hingga bayi Anda lahir, tapi mulailah sekarang juga menjadi orang tua yang bijak dalam pemikiran, perkataan dan perbuatan.


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments