youtube channel

Channels

Makam Keramat, Permai di Pesisir Pantai Batu Layar

Makam Keramat, Permai di Pesisir Pantai Batu Layar

Makam Keramat, Permai di Pesisir Pantai Batu Layar

antvklik.com - www.antvklik.com - Banyak sekali lokasi wisata menarik di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Mulai dari pantai yang indah, berbagai kuliner khas Lombok, ada juga lokasi wisata Islami (religi). Nah, lokasi wisata religi yang berkaitan dengan perkembangan Islam di pada Zaman Kerajaan, diantaranya adalah adanya beberapa makam pemuka agama Islam. Salah satunya adalah Makam Batu Layar. Lokasi wisata religi ini sangat strategis, berada persis di pinggir Jalan Raya Senggigi yang menyusuri pantai Batu Layar. Pemandangan di lokasi makam Batu Layar ini sangat indah, karena posisi makam yang lebih tinggi sehingga para pengunjung bisa memandang jauh lepas ke pantai Batu Layar.

makam batu layar 2

Menurut sejarahnya makam batu layar ini adalah makam seorang tokoh pemuka agama Islam yang bernama Sayid Duhri Al Hadad Al Hadrami yang menurut penjaga makam adalah seorang berasal dari Bagdad, Irak. Batu Layar adalah nama sebuah desa di Kabupaten Lombok Barat. Makam ini paling banyak dikunjungi orang pada saat menjelang bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri.

Selain makam Batu Layar ada lagi lokasi wisata religi lainnya, yakni makam Loang Baloq, yang terletak sekitar 6 kilometer dari pusat Kota Mataram. Loang Baloq berasal dari kata dalam bahasa Sasak yang berarti pohon beringin yang berlubang. Di area ini memang ditumbuhi sebuah pohon beringin yang sudah berumur ratusan tahun.

makam batu layar 4 Makam Sayid Duhri Al Hadad Al Hadrami

Di lokasi Makam Loang Baloq ini juga terdapat puluhan makam lainnya. Menurut keyakinan warga setempat, yang stimewa dan kerap dikunjungi oleh warga adalah makam Maulana Syech Gaus Abdurrazak, makam Anak Yatim dan Datuk Laut. Syech Gaus Abdurrazak adalah pendakwah Islam dari Baghdad, Irak yang menyebarkan Islam di Palembang dan kemudian di Lombok sekitar 18 abad lalu. Setelah dari Palembang, ulama ini meneruskan perjalanan dan mendarat di pesisir pantai Ampenan, Mataram. Setelah sampai, ia memberikan petuah-petuah yang bersumber pada ajaran Islam kepada masyarakat setempat.

Makam syech Gaus Abdurrazak ini terdapat di dalam pohon beringin yang sudah rimbun dan sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Jika tidak mendekat ke pohon beringin ini, maka makamnya tidak akan terlihat.

makam loang baloq 1

Untuk masuk ke dalamnya lokasi kuburan, ada sebuah pintu dibawah pohon beringin ini, maka peziarah bisa masuk ke area makam Syech Gaus Abdurrazak inilah yang berada di lubang tepat di bawah pohon beringin. Makam ini berbentuk persegi panjang dengan lubang ditengah, tempat dimana para peziarah biasanya menaburkan bunga. Di luar pohon beringin, juga terdapat makam anak yatim dengan ukuran yang relatif lebih kecil.

makam loang baloq 2

Tidak hanya berziarah, biasanya ada pengunjung yang datang ke kompleks makam ini juga bernazar. Caranya setelah berdoa di makam ini, si peziarah mengikatkan sesuatu di akar pohon beringin rindang yang menutupi makam Syech Gaus Abdurrazak. Jika nazarnya terkabul si peziarah akan datang lagi untuk membuka ikatan di pohon beringin. Tapi, yang paling utama saat berziarah ke makam ini adalah mendoakan para ulama yang telah berjuang menegakkan Islam di bumi seribu masjid ini.

Laporan Marwan Albab dan Kukun Y. P. dari Lombok, Nusa Tenggara Barat.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments