youtube channel

Channels

Lulusan SD Buat Pesawat Terbang, Uji Terbang Dilakukan Sendiri

Lulusan SD Buat Pesawat Terbang, Uji Terbang Dilakukan Sendiri

Lulusan SD buat dan uji coba pesawat terbang (ANTV/Rusli Djafar)

Seorang warga Pinrang Sulawesi Selatan membuat pesawat sendiri dengan memanfaatkan barang bekas. Pria lulusan SD ini juga melakukan uji terbang pesawatnya sendiri.

antvklik.com - Pagi-pagi, warga desa Langnga, Pinrang Sulawesi Selatan sudah berkumpul di sebuah lapangan bola. Mereka semua ingin menyaksikan uji coba pesawat buatan Chairul.

Sepintas, pesawat ini mirip dengan pesawat ultra light, namun konstruksinya lebih sederhana. Rangkanya terbuat dari besi tua dan bodi serta sayapnya dari alumunium.

Sebelum uji coba terbang, Chairul dan warga doa bersama terlebih dahulu (ANTV/Rusli Djafar)

Pakai Barang Bekas

Chairul yang sehari-hari bekerja sebagai pekerja bengkel motor hanyalah tamatan SD. Namun semangatnya membuat pesawat terbang sendiri sangat tinggi.

Biaya yang sudah dihabiskan Chairul untuk membuat pesawat ini mencapai Rp20 juta. Ia butuh waktu sebulan untuk membuatnya hingga akhirnya menjalani uji terbang.

Chairuk mengenakan helm dan memakai sabuk pengaman sebelum terbang (ANTV?Rusli Djafar)

Saat akan uji terbang, Chairul mengenakan helm motor dan sabuk pengaman guna keselamatan dirinya. Ketika mesin yang berada di moncong pesawat dihidupkan, Chairul memegang stik pengendali dengan erat.

Pesawat pun melaju untuk lepas landas. Saat melaju kencang, badan pesawat yang mulai terangkat, tiba-tiba miring ke kiri. Hampir saja sayapnya menyambar kepala seorang warga yang menonton. Beruntung, ia langsung menunduk. Pesawat gagal lepas landas.

Saat lepas landas, pesawat nyaris menyambar seorang warga (ANTV/Rusli Djafar)

Chairul pun tak pantang menyerah. Ia kembali mencoba lepas landas dengan pesawat buatannya. Kali ini jalur lepas landas sudah steril dari kerumunan warga.

Saat melaju, lagi-lagi badan pesawat miring ke kiri. Pesawat sempat terangkat 20 sentimeter namun akhirnya kembali turun dan berputar. Pesawat akhirnya berhenti dengan posisi sayap kiri menyentuh tanah. Tidak ada yang terluka dalam kejadian ini.

Pesawat hanya dapat terangkat 20 sentimeter dari permukaan tanah (ANTV/Rusli Djafar)

Meski pesawatnya gagal terbang, Chairul sepertinya tidak akan menyerah dan akan menyempurnakan pesawatnya. Ia optimis dalam beberapa hari ke depan, pesawatnya akan dapat mengudara.

Rusli Djafar I Pinrang, Sulawesi Selatan


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments