youtube channel

Channels

Eskavator Laba-laba Pencari Korban Longsor Ponorogo

Eskavator Laba-laba Pencari Korban Longsor Ponorogo

Eskavator Laba-laba Pencari Korban Longsor Ponorogo

antvklik.com - Ada yang berbeda di tengah pencarian korban yang saat ini masih tertimbun di lokasi longsor Ponorogo. Badan SAR Nasional (Basarnas) kali ini menurunkan eskavator spider yang memiliki bentuk seperti laba-laba. Eskavator spider ini dilengkapi dengan kemampuan-kemampuan melewati medan tersulit sekalipun sehingga dapat lebih memudahkan petugas melakukan pencarian dan evakuasi korban bencana longsor Ponorogo. Diperkirakan masih 25 orang korban Longsor Ponorogo tertimbun.

Eskavator canggih ini mampu melakukan berbagai gerakan manuver ekstrem, pasalnya keempat kaki eskavator ini mampu bergerak dengan leluasa menyesuaikan kebutuhan sehingga memudahkan untuk menjangkau medan yang sulit. Ini yang membedakannya dengan eskavator biasanya yang menggunakan rantai.

Eskavator spider ini dapat difungsikan secara maksimal jika dikemudikan operator yang ahli. Di tangan ahlinya, eskavator ini mampu menjangkau daerah-daerah curam yang memiliki kedalaman 8 meter dengan kemiringan mencapai 90 derajat. Selain itu, alat ini juga dapat masuk ke air dengan kedalaman sekitar 1 meter.

Tidak hanya itu saja, eskavator spider milik Basarnas ini dapat memutar dengan berbagai gerakan dan memiliki jangkauan pengeruk hingga 10 meter, serta body eskavator dapat dikecilkan karena kakinya bisa dilipat,

"Eskavator ini diperbantukan untuk mencari korban di sektor A, sehingga total alat berat yang diterjunkan di sektor A adalah 4 unit. Sedangkan secara keseluruhan ada belasan alat berat di lokasi longsor," kata Kepala BPBD Ponorogo, Sumani di lokasi longsor Ponorogo di Desa Banaran.

Hingga kini alat berat yang diterjunkan di sektor A berjumlan 4 unit. Sedangkan secara keseluruhan ada belasan alat berat di lokasi longsor Ponorogo di Desa Banaran.

Selama pencarian berlangsung, tiga orang korban longsor Ponorogo yang meninggal dunia telah ditemukan yaitu Katemi (70), Iwan Danang Suwandi (30) dan Sunadi (47). Ketiga korban beralamat di Dusun Tangkil, Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo.

Sutopo Purwo Nugroho sebagai Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB mengatakan jenazah korban telah dimakamkan. Sementara itu, 25 orang yang hilang tertimbun longsor masih dalam tahap pencarian. Belum dilaporkan, berapa korban longsor Ponorogo yang ditemukan dengan bantuan eskavator laba-laba ini.

Demikian laporan Aries Sutikno melaporkan


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments