youtube channel

Channels

BEGINI DETIK-DETIK LONGSOR DI DIENG

BEGINI DETIK-DETIK LONGSOR DI DIENG

longsor di tsebuah tebing di Dieng membuat warga panik

antvklik.com - www.antvklik.com - Sejumlah warga berlarian saat melihat longsor dari sebuat tebing di kawasan Dieng, Jawa tengah. Warga khawatir terjadi longsor susulan . Longsor terjadi setelah kawasn dieng diguyur hujan deras selama 8 jam . Jalan penghubung antar kecamatan dan obyek wisata dieng tertimbun material tanah hingga ketebalan 2 meter . Jalur tersebut kini terputus total dan tidak dapat dilalui kendaraan.

Seorang warga sempat merekam detik-detik longsornya tebing setinggi 7 meter di desa paweden, kecamatan karangkobar, banjarnegara jawa tengah pada jumat(9/2/18) siang. warga terlihat panik, pohon-pohon tumbang dan material longsor menutup jalan.

material tanah sudah menutup jalan dengan ketebalan 2 meter dan sepanjang 10 meter . aakses menuju obyek wisata dieng melewati banjarnegara terputus total . bahkan warga yang akan menuju kecamatan karangkobar atau sebaliknya saat ini harus memutar sejauh 15 hingga 20 kilo meter melewati desa gripit

upaya pembersihan material longsoran hingga kini belum dapat dilakukan dikarenakan kondisi tanah masih terus gerak sehingga membahayakan para petugas

badan penanggulangan bencana daerah banjarnegara menghimbau warga yang berada di zona merah atau daerah rawan bencana untuk wasapda saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lebih dari 5 jam. Sejumlah kawasan di bajarnegara masuk kawasan rawan longsor. Puncak musim hujan belum berakhir. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan puncak musim hujan akan berlangsung mulai Februari hingga Maret. Diperkirakan pada waktu-waktu itu terjadi hujan ekstrem.

"Wilayah Indonesia mengalami puncak musim hujan di bulan Februari dan diperkirakan akan terus berlangsung pada bulan Maret. Akan masih mengalami kondisi hujan dan puncak musim hujan," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di kantor BMKG, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (6/2/2018).

Menurut Dwikorita, wilayah Jabodetabek juga mengalami puncak musim hujan. Puncak hujan di wilayah Jabodetabek dengan curah hujan tertinggi terjadi pada 5 Januari, dengan posisi 152,0 milimeter. Sedangkan hari ini curah hujan 164,0 milimeter.

Pada tanggal 12 Desemeber 2014 silam, bencana tanah longsor terjadi dusun jemblung, di kabupaten banjarnegara berada di sebuah lembah kecil, dengan perbukitan di belakangnya. hujan yang terus turun selama dua hari menyebabkan bukit itu longsor dan menyapu dusun yang berpenduduk lebih dari 300 orang itu.sekitar 200 orang dapat menyelamatkan diri.

Longsor di dusun jemblung adalah yang terbesar saat itu. korban dikhawatirkan jauh lebih besar dari perkiraan, karena tidak hanya berasal dari warga setempat, tetapi juga pemakai jalan lintas antarkabupaten yang melewati kawasan itu. setidaknya, dua korban meninggal ditemuan dari sebuah mobil yang saat itu sedang melintas di lokasi kejadian.

Laporan Ronaldo Bramantyo dari Banjarnegara, Jawa Tengah


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments