youtube channel

Channels

Perhatikan! Ini 5 Lima Alasan Kamu Selalu Merasa Lapar

Perhatikan! Ini 5 Lima Alasan Kamu Selalu Merasa Lapar

Perhatikan! Ini 5 Lima Alasan Kamu Selalu Merasa Lapar

antvklik.com - - Makan memang menjadi kebutuhan penting bagi manusia. Namun, apakah jika kita selalu merasa lapar itu adalah hal yang wajar?

Bahkan terkadang kita selalu merasa bahwa walau sudah banyak namun perut tetap tidak terasa kenyang. Dan terkadang kita tidak bisa menjaga pola makan dan tidak bisa menahan nafsu makan yang berlebihan. Berikut lima alasan kamu selalu merasa lapar yang dilansir dari Healthywomen seperti dirangkum oleh ANTV :

1. Kurang tidur

Alasan kamu selalu merasa lapar karna dua hormon ini yakni, Leptin dan Ghrelin. Leptin adalah hormon yang memberi isyarat kenyang namun akan cepat menghilang rasa kenyang tersebut, sedangkan Ghrelin berperan dalam peningkatan nafsu yang menandakan kelaparan.

Ditambah lagi, kadar drop untuk peptide YY, hormon yang diproduksi didalam usus kamu yang bertanggung jawab untuk mengetahui kapan kamu akan merasa kenyang.

2. Stres

Hormon cortisol dikenal sebagai hormon stres juga bisa menjadi alasan kamu selalu merasa lapar. Karena bila sudah diaktifkan, maka kamu akan merasakan kelaparan dan hal ini akan mempengaruhi preferensi untuk makanan tinggi yang berlemak dan gula.

Namun, menurut Donald Hensrud MD seorang direktur dari Mayo Clinic Healthy Living Program yang juga merupakan seorang penulis The Mayo Clinic Diet mengatakan bahwa stres bukan satu-satunya emosi yang dapat memicu rasa lapar. Faktor lain seperti dengan keadaan sedang merasa bahagia ataupun kesedihan juga dapat memicu seseorang mengalami gejala stres.

3. Terlalu banyak karbohidrat olahan.

Makanan yang kaya akan karbohidrat seperti roti, nasi dan produk kentang yang sudah diolah juga dapat menjadi alasan kamu merasa selalu lapar selanjutnya. Makanan seperti sereal siap saji, biskuit, keripik, minuman manis ataupun makanan cemilan lainnya sering kamu makan bila sedang iseng.

Namun tahukah kamu bahwa makanan-makanan itu dicerna dengan cepat dan membuat kamu merasa tertipu sehingga kamu akan berpikir untuk membutuhkan lebih banyak energi untuk memenuhi kebutuhan.

Makanan yang tinggi lemak, berserat dan berprotein akan membuat kamu lebih lama merasa kenyang. Pikirkan yogurt, sayuran hijau dan kacang-kacangan sebagai makanan penggantinya.

4. Makan tanpa berpikir

Begitu banyak waktu yang kamu habiskan bila sedang makan. Namun kamu juga sedang melakukan aktivitas lainnya seperti mengemudi, menonton televisi atau sedang membaca.

Hal tersebut bisa jadi alasan kamu selalu merasa lapar. Jika kamu tidak memperhatikan apa yang masuk ke dalam mulut kamu, maka kemungkinan besar kamu tidak akan menyadari semua kalori yang masuk ke dalam mulut.

Menurut Donald Hensrud MD mengatakan bahwa makan yang terganggu bisa meningkatkan asupan kalori secara keseluruhan lebih banyak dari yang disadari. Bahkan lingkungan dan orang-orang yang menemani kamu makan juga dapat mempengaruhinya. Jadi makan lah dengan penuh kesadaran agar kamu tidak selalu merasa lapar.

5. Obat-obatan

Obat tertentu dapat menjadi alasan kamu selalu merasa lapar dan dapat meningkatkan rasa lapar. Menurut Scott Kahan, MD, direktur Pusat Nasional untuk Berat dan Kesehatan di Washington, DC mengatkan bahwa ini adalah suatu kontributor yang sangat kurang mendapat penghargaan untuk kenaikan berat badan. Beberapa penyebab paling umum adalah obat kejiwaan, termasuk antipsikotik, steroid dan beberapa obat depresi dan obat tidur.

Ada orang yang mencintai makanan dan ada juga orang memang tidak bisa menahan nafsunya untuk tetap terus makan. Sudah sepatutnya memang kita menjaga pola makanan yang kita makan agar tidak berlebihan dan tidak juga kekurangan.

So, Bersyukurlah dengan apa yang telah kamu makan, agar selalu merasa puas dan mensyukuri yang sudah diberikan :) (MN)


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments