youtube channel

Channels

Langkah Cabut Banding Ahok Dinilai Tepat

Langkah Cabut Banding Ahok Dinilai Tepat

Langkah Cabut Banding Ahok Dinilai Tepat

antvklik.com - www.antvklik.com--Langkah hukum Ahok mencabut banding dianggap langkah yang tepat oleh Mudzakir, pakar hukum pidana Universitas Islam Indonesia. Dia menilai pencabutan upaya hukum Ahok mencabut banding harus disambut jaksa dengan juga mencabut banding yang dilayangkan agar tidak menimbulkan dugaan adanya kepentingan tertentu dalam kasus itu.

Menurut Mudzakir, langkah Ahok mencabut banding sepenuhnya merupakan hak Ahok. Dengan pencabutan itu, berarti Ahok sudah menerima putusan hakim untuk dipenjara selama dua tahun.

Oleh sebab itu harusnya Jaksa juga mencabut banding, karena yang dituntut saja sudah menerima vonisnya. “ Hal ini agar tidak menimbulkan spekulasi adanya kepentingan tertentu dari jaksa dalam kasus tersebut,”kata Mudzakir.

Keluarga Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) hari ini mengadakan jumpa pers di Rumah Makan Gado-gado Boplo untuk menjelaskan alasan mengapa Ahok cabut banding yang memori bandingnya sudah dimasukkan ke pengadilan negeri Jakarta Utara. Adik kandung Ahok, Fifi yang juga kuasa hukumnya sebelumbnya mengatakan Ahok cabut banding ini merupakan hasil diskusi panjang keluarganya. "Jadi kami keluarga setelah diskusi panjang, memang memutuskan melakukan pencabutan banding," kata Fifi.

Langkah Ahok mencabut banding ini menjadikan status hukuman Basuki Tjahaja Purnama tergantung pada putusan Jaksa. Jika Jaksa turut mencabut banding maka putusan majelis hakim menjadi tetap dan status Ahok menjadi terpidana dan harus menjalankan hukuman 2 tahun penjara.Namun dengan menerima hukuman dan mencabut bandingnya. Ahok bisa memperoleh berbagai remisi antara lain dengan syarat berkelakuan baik dan telah menjalani masa hukuman lebih dari enam bulan.

Namun berbagai kalangan menganalisa langkah Ahok mencabut banding ini merupakan strategi untuk bisa langsung mengadakan peninjauan kembali (PK). Dengan strategi ini dan jika majelis yang mengadili peninjauan kembali segera menyidangkan, kemungkinan proses hukumnya bisa lebih cepat. "Namun jika jaksa tak mencabut memory bandingnya maka proses hukum banding akan terus berjalan,"kata Rollas Sitinjak, kuasa hukum Ahok.

Dalam kesempatan ini istri Ahok, Veronica Tan membacakan surat dari Ahok dari Rutan Brimob. Dalam surat tersebut Ahok menyatakan rasa terima kasihnya atas simpati dari para pendukungnya.

Demikian Andri Prasetyo Melaporkan dari Jogjakarta


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments