youtube channel

Channels

Lagi Wabah Corona, DPR Tetap Menggelar Rapat Paripurna, Alasannya?

Lagi Wabah Corona, DPR Tetap Menggelar Rapat Paripurna, Alasannya?

Gedung DPR/MPR Jakarta (Foto: Istimewa)

Di tengah wabah corona, DPR tetap menggelar rapat paripurna hari ini. Ketua DPR Puan Maharani memastikan, rapat akan mengikuti protokol pencegahan Covid-19.

antvklik.com - Berbeda dengan pemerintah yang sudah menerapkan teknologi video conference dalam rapat-rapatnya, DPR tetap menggelar rapat paripurna secara fisik, Senin (30/3/2020) siang ini.

Ketua DPR Puan Maharani mengatakan, Rapat Paripurna DPR akan mengikuti protokol pencegahan Covid-19, sehingga pelaksanaan rapat akan menerapkan anjuran physical distancing.

"Rapat akan berlangsung cepat, tidak ada pengambilan keputusan, hanya membuka masa persidangan III," kata Puan dalam keterangannya.

Dijelaskan pula, Rapat Paripurna DPR mempunyai mekanisme tersendiri, sesuai tata tertib persidangan. Misalnya, syarat harus ada kehadiran fisik tiga pimpinan DPR dan separuh lebih anggota hadir untuk memenuhi kuorum.

Namun karena untuk mematuhi protokol pencegahan Covid-19, rapat paripurna juga disesuaikan.

"Penyesuaian itu dilakukan dengan membatasi kehadirna fisik peserta rapat yang hanya menghadirkan tiga pimpinan DPR, sembilan ketua fraksi dan ketua-ketua AKD (Alat Kelengkapan Dewan)," katanya.

Politisi PDI Perjuangan ini juga menambahkan, anggota-anggota yang lain dapat mengikuti rapat secara virtual dengan fasilitas teleconference.

Protokol pencegahan Covid-19 secara ketat juga akan diberlakukan dalam rapat ini. Antara lain akses masuk ruang rapat paripurna hanya dibuka satu pintu, peserta dicek suhu tubuhnya dan disemprot cairan disinfektan. Mereka juga wajib membersihkan tangan dengan cairan hand sanitizer yang sudah disiapkan.

Antara


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments